visitaaponce.com

Festival Setara Berdaya Dorong Keseriusan Pemerintah Wujudkan Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas

Festival Setara Berdaya Dorong Keseriusan Pemerintah Wujudkan Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas
Festival Setara dan Berdaya Media Indonesia 2022(MI/RAMDANI)

MEDIA Indonesia kembali menggelar Festival Setara Berdaya 2023 yang berlangsung pada 11 hingga 12 Desember 2023. Berkenaan dengan itu, Direktur Pemberitaan Media Indonesia Abdul Kohar mengungkapkan, acara itu merupakan upaya Media Indonesia untuk mendesak pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk lebih serius mewujudkan kesetaraan dan pemberdayaan bagi penyandang disabilitas. Seperti diketahui, saat ini penyandang disabilitas di Indonesia berjumlah lebih dari 22 juta orang atau 8,5% dari populasi.

“Pelaksanaan secara penuh UU nomor 18 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas berserta turunannya harus dipastikan progresnya, karena di sejumlah tempat masih banyak daerah yang tidak serius dalam mewujudkan inklusi bagi kaum difabel. Kebijakan afirmatif belum banyak disentuh,” kata Kohar saat dihubungi, Minggu (10/12).

Menurut Kohar, karena tahun ini merupakan tahun pemilu, maka Festival Setara Berdaya berfokus untuk memastikan bahwa pemilu 2024 memberikan kesetaraan kepada penyandang disabilitas untuk bisa menggunakan hak mereka secara setara. Hal itu sesuai dengan janji Komisi Pemilihan Umum tentang pemilu yang inklusif.

Baca juga: Media Indonesia dan Komisi Nasional Disabilitas Sepakati Pengarusutamaan Isu Disabilitas di Media Massa

Ia menegaskan, janji KPU harus ditunaikan, agar 1,1 juta kaum difabel bisa menggunakan hak pilih mereka secara maksimal. “Detail teknis untuk kaum difabel dalam menggunakan hak pilih harus dipastikan beres secara 100%,” imbuh Kohar.

Dia pun mendorong agar suara kaum difabel dilindungi, khususnya para pendamping yang mengantar kaum disabilitas netra, harus dipastikan jujur dan tidak memanfaatkan preferensinya.

Baca juga: KND dan Media Indonesia Bergerak Bersama Mengarusutamakan Isu Disabilitas

“Dengan memberikan ruang inklusif terhadap kaum disabilitas, setidaknya negeri ini berada di rel yang benar untuk menjadi negeri yang beradab dan bermartabat,” pungkas Kohar.

Seperti diketahui, Festival Setara Berdaya diadakan di kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta Barat. Beberapa agenda yang diadakan di antaranya talkshow, pameran bazar, pijat refleksi, stand up comedy hingga penampilan puisi, tarian serta angklung. Tahun ini, Festival Setara Berdaya pun akan menyajikan penampilan spesial dari Putri Ariani. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat