visitaaponce.com

Tren Elektabilitas Anies-Muhaimin Meningkat, Survei Punya Peran Penting

Tren Elektabilitas Anies-Muhaimin Meningkat, Survei Punya Peran Penting
Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengenakan kaus Timnas Amin(MI/Usman Iskandar )

PASANGAN calon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dinilai memiliki peluang lebih besar untuk melaju ke putaran kedua Pilpres 2024. Hal ini bisa dilihat dari hasil berbagai survei yang menunjukan elektabilitas naik dan program yang menjadi fokus keduanya berhasil meraih perhatian publik.

Pakar politik CSIS Nicky Fahrizal saat dihubungi mengatakan jika melihat hasil survei maka potensi tersebut makin terlihat.

"Secara fundamental, survei berperan untuk memberikan peta jalan soal performance atau seberapa layak seorang paslon dapat dipilih oleh konstituen di dalam pemilu," ujarnya, Selasa (12/12).

Baca juga: APK Timnas Amin Dirusak di Sejumlah Daerah, Bawaslu: Kita Cek Dahulu

Namun publik juga harus mengetahui lembaga survei juga memiliki peran berbeda salah satunya sebagai konsultan politik.

"Lembaga survei itu ada yang memang berperan sebagai konsultan politik, lalu ada yang memang murni lembaga riset non konsultan politik," lanjutnya.

Baca juga: Istri Anies Baswedan, Fery Farhati Jadi Pengajar Parenting Meski Alami Keterbatasan Pendengaran

Lembaga survei yang memiliki peran sebagai konsultan politik sangat mungkin melakukan aktivitas untuk menggerakan dan membangun opini.

"Mungkin sekali untuk menggerakan dan membangun opini. Justru Amin ini yang potensi lolos putaran dua. Naik perlahan mendekati GP (Ganjar Pranowo)," tukasnya.

Sebelumnya pada beberapa hasil survei duet Amin menunjukan tren positif dengan tingkat elektabilitas yang mengungguli pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Sru/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat