visitaaponce.com

Debat Capres Pertama Tentukan Pilihan Pemilih Gamang

Debat Capres Pertama Tentukan Pilihan Pemilih Gamang
Persiapan debat capres di Kantor KPU(MI/Susanto)

DEBAT calon presiden (capres) perdana edisi Pilpres 2024 bakal dimulai malam ini, Selasa (12/12) sekira pukul 19.00 WIB. Anggota dewan pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai debat tersebut sangat penting, utamanya bagi pemilih gamang atau undecided voters dalam menentukan pilihan.

Titi menyebut jumlah pemilih gamang masih tinggi. Oleh karenanya, debat dinilai strategis karena merupakan metode kampanye yang jangkauan terhadap pemilihnya sangat besar, mengingat disiarkan melalui media penyiaran dan media digital.

"Oleh karena itu, debat perdana diyakini akan memberikan efek kepercayaan diri kepada calon kalau mampu melewatinya dengan baik termasuk juga akan jadi evaluasi mendasar bagi debat-debat berikutnya," kata Titi kepada Media Indonesia.

Baca juga : Jelang Debat, Komnas Minta HAM tak Jadi Isu Lima Tahunan

Pakar hukum kepemiluan dari Universitas Indonesia itu juga mengatakan, debat perdana bakal memengaruhi opini publik dan menimbulkan efek ikutan berupa dialekta gagasan yang lebih meluas. Sebab, akan banyak bahasan subtansi yang disampaikan capres setelah debat berlangsung.

Terlebih, tema debat perdana yang dibahas sangat krusial dan jadi kontroversi, yakni pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga : Debat Perdana, Ganjar-Mahfud Dinilai Unggul di Isu Hukum

Debat kali ini bakal diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat