visitaaponce.com

KPU Kebocoran Data Pemilih sedang Diinvestigasi Mabes Polri

KPU: Kebocoran Data Pemilih sedang Diinvestigasi Mabes Polri
Ilustrasi(Antara)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut kasus dugaan kebocoran data pemilih oleh peretas Jimbo sedang diinvestigasi oleh Mabes Polri. Kendati demikian, anggota sekaligus Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU RI Betty Epsilon Idroos menyebut belum dapat memastikan apakah sumber kebocoran data itu berasal dari pihaknya.

Proses investigasi dilakukan setelah KPU berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), serta Mabes Polri.

"Belum bisa disimpulkan apakah (yang bocor) itu data KPU atau bukan," kata Betty saat dikonfirmasi, Rabu (13/12).

Baca juga: Soal Sumber Kebocoran Data DPT, Bawaslu: Kalau bukan KPU, Dukcapil

Ia mengatakan beberapa pihak sudah diambil keterangan oleh kepolisian. Sementara proses investigasi dilakukan Mabes Polri, ia menyebut BSSN berperan dalam proses mitigasi. Dalam hal ini, BSSN membantu pengawalan sistem informasi yang dimiliki oleh KPU, termasuk Sidalih.

"Karena masih diinvestigasi dan memerlukan waktu untuk mencari siapa hacker-nya, seberapa banyak, kapan, bagaimana, itu kita lihat dan belum bisa disimpulkan," ujarnya.

Baca juga: Data Pemilih Bocor, Kominfo Dapat Jatuhkan Sanksi ke KPU

Menanggapi tudingan publik bahwa KPU tidak kompeten menjaga data pribadi masyarakat, Betty membantahnya. Ia memastikan KPU sangat serius. Ia bahkan menganalogikan KPU sebai sebuah rumah yang selalu dijaga dan memiliki perangkat pengaman seperti pagar, kunci, serta gembok.

"Lalu ada maling yang mau masuk ke dalam, itu kita usahakan, sebisa mungkin untuk kita jaga. Jadi, mudah-mudahan dengan bantuan tim satgas, semua dapat melindungi data yang dimiliki oleh KPU," tandasnya.

Dugaan peretasan yang dilakukan peretas anonim Jimbo pertama kali diketahui oleh KPU pada 27 November. Jimbo mengeklaim telah meretas laman kpu.go.id dan berhasil mendapatkan data pemilih. Sebanyak 500 ribu sampel data dibagikannya lewat BreachForums, laman yang digunakan untuk jual beli hasil peretasan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat