visitaaponce.com

Anies Nilai Pejabat Negara yang Sibuk Kampanye Sedang Diuji

Anies Nilai Pejabat Negara yang Sibuk Kampanye Sedang Diuji
Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan.(Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai pejabat negara yang sibuk kampanye sedang menghadapi ujian. Mereka diuji mampu atau tidak menempatkan posisinya agar tak terjadi konflik kepentingan

"Bagi mereka yang sedang menjabat, sebenarnya sebuah ujian apakah bisa lulus menjaga kepentingan publik, menjaga fasilitas umum. Bahkan, menjaga keputusan-keputusan agar tidak terjadi konflik kepentingan dengan kepentingan kampanyenya," kata Anies di Serang, Banten, Kamis, 21 Desember 2023.

Ia merespons hal itu menanggapi pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD. Ia menyindir pejabat-pejabat yang sibuk berkampanye tanpa mengindahkan tugas negara yang masih diemban.

Baca juga: 50% Suara Perempuan untuk Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Anies membagikan pengalamannya saat memutuskan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia maju usai masa tugasnya selesai sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Sehingga, bisa menjalankan tugas sebagai calon tanpa ada kekhawatiran konflik kepentingan," ucap Anies.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Anies terhadap UU Cipta Kerja

Ia menjaga supaya ketika menjadi kontestan, tak terjadi konflik kepentingan. Anies khawatir ada anggapan negatif oleh publik.

"Memang itu harus kita jaga. Sebenarnya harus memberikan contoh bagaimana kita tidak memanfaatkan fasilitas publik untuk aktivitas kampanye," ujar Anies.

Sebelumnya, Mahfud menyindir pejabat yang sibuk berkampanye. Namun, tak mengindahkan tugas negaranya.

"Orang yang di sana itu, pada di luar daerah, pidato. Kapan ngantornya? Kok banyak orang, kemarin di Jawa Tengah, besok ada di Sulawesi. Saya melakukan itu kan bisa juga, tetapi saya tidak," kata Mahfud ketika menemui diaspora Nusa Tenggara Timur (NTT) di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta Pusat, Selasa malam, 19 Desember 2023. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat