visitaaponce.com

Investasi dan Slepet, Kata yang Paling Banyak Diucap Muhaimin saat Debat

Investasi dan Slepet, Kata yang Paling Banyak Diucap Muhaimin saat Debat
Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar(AFP)

Investasi menjadi kata yang paling sering disebut oleh calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12) malam.

Muhaimin menyebut kata investasi setidaknya sebanyak 17 kali. Setelah investasi, slepet menjadi kata terbanyak kedua yang diucapkan, yakni sebanyak 12 kali.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Gus Imin itu juga menyebut kata pemerataan sebanyak delapan kali, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebanyak tujuh kali, dan frasa utang luar negeri disebut lima kali selama debat.

Baca juga: Anies: Pertanyaan Gibran Cukup Dijawab Google

Sementara itu, istilah slepetnomics, yang disebut sebagai gagasan ekonomi yang mengutamakan pembangunan adil dan merata usungannya bersama capres Anies Baswedan, diucapkan Muhaimin sebanyak tiga kali saat penyampaian kalimat penutup debat.

Selain itu, dia juga menyebutkan frasa lain dengan jumlah yang rata-rata sama tiga kali, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), pertumbuhan ekonomi, serta kepemilikan lahan.

Baca juga: Anies Bangga dengan Penampilan Muhaimin

Dalam kesempatannya berbicara saat debat, Muhaimin mengatakan perlu ada kepastian hukum yang jelas guna menciptakan rasa saling percaya bagi para investor demi menarik lebih banyak aliran investasi.

"Agar investasi bisa masuk untuk kalangan UMKM, kita harus menguatkan kapasitas dan kualitas dan meyakinkan memberikan fasilitas kemampuan pemasaran untuk meyakinkan calon investor," katanya.

Muhaimin juga mengenalkan konsep slepetnomics yang dinilainya mampu menjadi solusi pembangunan ekonomi adil, sehingga berdampak merata untuk seluruh masyarakat Indonesia.
Mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu menjelaskan konsep slepetnomics merupakan gagasan ekonomi yang sudah diuji oleh para pakar ekonomi dan berbasis pada pengalaman batin dan rasa.

"Ke depan, proyek yang menyedot begitu banyak uang rakyat, yang hanya untuk memenuhi selera tertentu, akan kami slepet," tegas Muhaimin.

Menurut dia, perekonomian juga harus mengedepankan pemerataan melalui pembangunan kota dan desa di seluruh Indonesia.

Sementara itu, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka hanya menyebut investasi sebanyak delapan kali dan Mahfud MD hanya enam kali selama debat berlangsung.

Sebagaimana diketahui, debat kedua Pemilu 2024 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat