visitaaponce.com

MUI Diminta Gelar Uji Fatwa Terkait Candaan Zulhas

MUI Diminta Gelar Uji Fatwa Terkait Candaan Zulhas
MUI diminta dapat menggelar sidang fatwa mengenai kasus candaan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengenai salat.(AFP)

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) diminta dapat menggelar sidang fatwa mengenai kasus candaan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengenai salat. Sidang fatwa itu guna  mencegah anggapan masyarakat bahwa MUI memihak. 

"Kalau MUI tidak bertindak untuk melakukan suatu uji fatwa ini bahaya buat kelangsungan klaim keIslaman di Indonesia," ujar Pendiri Sabang Merauke Circle Syahganda Nainggolan dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk "Zulhas Bercanda Salat, Gak Takut Kualat," Minggu (24/12).

Syahganda mengatakan saat ini MUI telah menyebut pernyataan Zulhas hanya sebatas candaan. Padahal, MUI belum melakui uji fatwa.  "Kenapa urusan ke Pak Zul tidak ada pemeriskaan," jelasnya. 

Baca juga: Pemuda ICMI Sebut Zulhas Labrak Etika dan Sensitivitas Agama

Ia menambahkan, sejumlah masyarakat masih menganggap pernyataan Zulhas sebagai penistaan agama. Untuk itu, MUI harus bersikap tegas.

Sebelumnya, Zulhas sempat melontarkan gurauan perubahan perilaku masyarakat karena dukungan politik di Pilpres 2024.

Baca juga: Kiai Kampung Nusantara Laporkan Zulhas ke Polda DIY

Zulhas menyoroti perubahan perilaku masyarakat imbas dukungan di Pilpres 2024. Di beberapa daerah, Zulhas berkelakar ada sebagian masyarakat yang sampai enggan menyebutkan kata atau diksi yang menjadi identitas salah satu pasangan calon.

"Saudara-saudara tapi di sini kan aman. Saya keliling daerah, di sini aman Jakarta tidak ada masalah yang jauh-jauh ada loh. Jadi kalau salat magrib baca Al-fatihah Walad Dholin ada yang diem sekarang, ada yang diem sekarang, ada pak sekarang diem banyak. Saking cintanya sama Pak Prabowo. Itu kalau tahiyat akhir itu kan gini (gestur 1 telunjuk) sekarang banyak gini (gestur dua telunjuk)," kata Zulhas. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat