visitaaponce.com

Anies Perjuangan KH Bisri Mustofa masih Relevan hingga Sekarang

Anies: Perjuangan KH Bisri Mustofa masih Relevan hingga Sekarang
Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam KH Bisri Mustofa.(Medcom)

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam KH Bisri Mustofa di Rembang, Jawa Tengah. Anies menekankan bahwa perjuangan dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu masih relevan hingga sekarang.

"Tokoh-tokoh yang selama ini menjadi rujukan dan kita berharap bisa meneruskan semua yang mereka perjuangkan. Dengan berziarah, kita mengingat apa yang mereka perjuangkan itu masih relevan dengan sekarang," kata Anies usai berziarah, Senin (25/12).

KH Bisri Mustofa merupakan sosok kiai kharismatik yang juga memperjuangkan pendidikan. Ia juga merupakan pendiri pondok pesantren Roudlotut Thalibin. Ia juga seorang tokoh pergerakan NU. Ia merupakan ayah dari Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus serta kakek dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.

Baca juga: Anies Kampanye ke Rembang saat Libur Hari Natal

Sementara itu, Anies juga mengingat bahwa Rembang merupakan wilayah yang memiliki sejumlah pondok pesantren (ponpes) yang berkembang. Hal itu tak terlepas dari para jasa tokoh pendahulu yang memperjuangkan proses pendidikan untuk anak-anak bangsa.

"Rembang ini adalah jejak pada Nahdlatul Ulama ini salah satu tempat di mana simpul utama dari pendidikan para santri di kawasan Rembang ini," ucap Anies.

Baca juga: Temui Ulama di Pekalongan, Anies Tegaskan tak Gentar Hadirkan Keadilan dan Kesetaraan

Pada kesempatan itu Anies juga berziarah ke makam KH Kholil Harun dan Kholil Bisri yang masih berada di satu lokasi pemakaman. Setelah itu, Anies melanjutkan kegiatannya berziarah tokoh Adipati Tejakusuma dan Sayyid Abdurrahman di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat