visitaaponce.com

Prabowo Berpotensi Terbebani di Debat Ketiga, Anies dan Ganjar Dimudahkan

Prabowo Berpotensi Terbebani di Debat Ketiga, Anies dan Ganjar Dimudahkan
Seluruh pasangan capres dan cawapres pada debat perdana, 12 Desember 2023.(AFP )

DEBAT ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menyangkut tema soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dinilai berpotensi terbebani dengan tema tersebut.

"Sisi buruknya bisa saja justru membebani Prabowo karena jika banyak persoalan di pertahanan, maka kerja Prabowo selama ini tentu dipertanyakan," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra saat dihubungi Medcom.id, Senin, 1 Januari 2024.

Dedi mencontohkan beban Prabowo seperti persoalan terkait tata kelola perbatasan darat, serta ilegal logging yang melibatkan antar negara. Isu sengketa perbatasan laut, hingga soal peningkatan tajam anggaran pertahanan yang tak diimbangi perbaikan tata kelola pertahanan juga berpeluang menyoroti Prabowo.

Baca juga: Ahmad Ali Tegaskan tidak Ada Perpecahan di Timnas Amin

Di sisi lain, Prabowo juga memungkinkan diuntungkan dengan tema tersebut. Hal ini mempertimbangkan jabatannya sebagai Menteri Pertahanan dan berpengalaman di bidang militer.

"Satu sisi untungkan Prabowo karena sepanjang empat tahun ini ia berada di wilayah pertahanan, juga karier Prabowo di militer," ujar Dedi.

Baca juga: Jelang Debat Ketiga, Anies Uji Gagasan Soal Pertahanan

Sementara itu capres nomor urut 1 dan 3, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, disebut dimudahkan dengan tema debat tersebut. Karena keduanya hanya mempertanyakan tanpa mempertahankan argumen, mengingat keduanya belum pernah terlibat secara langsung soal pertahanan.

"Sehingga bisa tawarkan gagasan yang menjadi jawaban dari banyaknya persoalan saat ini," ucap Dedi.

Debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 digelar pada Minggu, 7 Januari 2024. Pada debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu hanya diikuti tiga capres. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat