visitaaponce.com

KPK Yakin Harun Masiku belum Meninggal

KPK Yakin Harun Masiku belum Meninggal
Harun Masiku.(DOK IST)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini mantan caleg dari Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Harun Masiku belum meninggal. Dia sudah buron selama empat tahun per Januari 2024.

“Sejauh ini tidak ada info tersebut,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri, Selasa (2/1).

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) meyakini Harun sudah meninggal. Sebab, tidak ada jejak pasti buronan tersebut selama empat tahun dinyatakan hilang.

KPK tidak memercayai spekulasi itu. Sebab, tidak ada dokumen pendukung, maupun informasi pasti yang menjelaskan Harun meninggal.

Baca juga: KPK Disarankan Cari Orang Dekat Harun Masiku

Kepala Bagian Bidang Pemberitaan KPK itu juga menegaskan Harun masih dicari sampai saat ini. Buronan itu masih diusahakan diseret ke pengadilan untuk mempertanggungjawabkan dugaan penyuapan dalam pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR.

“Kami pastikan, KPK tetap cari, dan tangkap Harun Masiku,” tegas Ali.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman meyakini Harun sudah wafat. Sebab, kata dia, jejaknya tidak pernah terendus. Selain itu, buronan tersebut juga bukan orang yang punya kemampuan menghilang dalam waktu lama.

Baca juga: Pencarian Harun Masiku Dinilai Cuma Gimmick

“Peluang (penangkapan) hanya 30 persen. Saya yakin dia (Harun) sudah meninggal,” ujar Boyamin.

Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mempertanyakan alasan KPK belum kunjung menangkap Harun. Padahal, eks komisioner KPU itu sudah diadili, dan kini mendapatkan kebebasan bersayarat.

“Saya juga mempertanyakan kenapa KPK tidak segera menangkap Harun Masiku. KPK kan bisa menangkap saya, kenapa Harun Masiku tidak bisa ditangkap?” kata Wahyu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 28 Desember 2023. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat