visitaaponce.com

Pertanyaan Jebakan Ala Gibran Dipastikan tak Muncul Lagi dalam Debat

Pertanyaan Jebakan Ala Gibran Dipastikan tak Muncul Lagi dalam Debat
Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD di debat cawapres, Jumat, 22 Desember 2023.(MI/AFP )

PERTANYAAN berisi singkatan yang menjebak seperti dilontarkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar tentang SGIE dipastikan tidak bakal muncul lagi dalam debat berikutnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyampaikan kepada masing-masing tim pasangan calon agar para kandidatnya menjelaskan kepanjangan istilah yang digunakan saat bertanya ke kandidat lain.

Selain itu, penjelasan lebih lanjut juga dibutuhkan jika kandidat melontarkan istilah yang belum populer atau tidak terlalu familiar digunakan. "Supaya debatnya efektif, langsung to the point tentang substansi yang dipertanyakan," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (5/1).

Baca juga: Qodari Optimistis Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Menurut Hasyim, pengajuan pertanyaan yang jelas dari para kandidat diperlukan untuk menghindari pertanyaan lanjutan dari kandidat yang ditanya. KPU telah mengevaluasi hal kejadian pertanyaan menjebak dari Gibran ke Gus Muhaimin bersama semua tim pasangan calon.

Dalam kesempatan yang sama, anggota KPU RI August Mellaz mengakui ada kesungkanan dari tim pasangan calon untuk menyampaikan imbauan kepada para kandidat agar tidak melontarkan pertanyaan singkatan. Oleh karena itu, ruang bagi kandidat mengajukan pertanyaan singkatan ke kandidat lain memang masih terbuka.

Baca juga: Fokus Prabowo-Gibran Berkolaborasi dengan Rakyat, bukan Berkompetisi dengan Paslon Lain

Namun, KPU RI menyiasatinya dengan mengedepankan fungsi moderator yang tidak hanya bertugas sebagai penjaga waktu. "Peran moderator akan menjalankan fungsi untuk mempertegas terkait dengan akronim ataupun istilah tanpa mengurangi waktu dari setiap paslon pada saat debat dilaksanakan. Itu sudah clear," tandasnya. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat