visitaaponce.com

Debat Capres Anies dan Ganjar Bisa Serang Klaim Prabowo

Debat Capres: Anies dan Ganjar Bisa Serang Klaim Prabowo
Capres Prabowo Subianto melakukan gimik joget pada debat pertama.(MI)

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas mengungkapkan, di atas kertas, debat capres yang berlangsung Minggu (7/1) malam menguntungkan Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Pasalnya, topik yang diangkat adalah terkait pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Ia memprediksi Prabowo akan mengklaim berbagai kesuksesannya serta rekam jejak yang sudah dilakukan selama ini. Namun, Anton menyebut capaian itu tidak menandakan bahwa Prabowo sudah sempurna dalam bidang tersebut.

“Capres 1 dan 3 punya kans untuk menguliti dan mengupas satu persatu kelemahan yang dibungkus, dikomunikasikan dengan baik dalam debat," ujar Anton kepada Media Indonesia, Minggu (7/1).

Baca juga: Debat Capres, Prabowo-Gibran Janji Bangun Pertahanan Siber

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, imbuhnya, bisa menerapkan strategi menyerang.

“Klaim-klaim Prabowo bisa dibalas dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti sehingga jadi tahu ada ketidaksempurnaan di sana-sini. Dalam ilmu pertahanan, strategi menyerang adalah pertahanan terbaik,” tuturnya.

Baca juga: Debat Capres Diharapkan Mengeksplorasi Sistem dan Strategi Pertahanan Nasional

Ajang debat kali ini juga momentum untuk capres lainnya menanyakan soal kesejahteraan prajurit, hingga perbaikan gaji prajurit.

“Apakah Prabowo sudah memperjuangkan perbaikan gaji khusus untuk prajurit, atau misalnya memperjuangkan tunjangan kinerja 100%. Prabowo pernah gak memperjuangkan tukin 100 persen?,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat