visitaaponce.com

Apa itu Rudal Hipersonik Disinggung dalam Debat Capres

Apa itu Rudal Hipersonik Disinggung dalam Debat Capres?
Ganjar Pranowo.(Dok Metro TV.)

DALAM debat calon presiden 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Hari Minggu, 7 Januari 2024, terdapat singgungan terkait rudal hipersonik. Lantas apa itu rudal hipersonik yang disebut calon presiden nomor urut 2?

Rudal hipersonik merupakan senjata terbang dengan kecepatan sedikitnya Mach 5 serta dapat bermanuver sangat gesit dan dapat mengubah arah selama rudal terbang menuju target. Ini berbeda dengan rudal balistik dikutip dari Missile Defense Advocacy Alliance (MDAA). 

Rudal balistik merupakan alat persenjataan mematikan terhadap target yang cepat serta akurat. Rudal balistik mencakup bahan peledak konvesional dengan hulu ledak biologis, kimia, ataupun nuklir. 

Baca juga: Cyber Attack Menjadi Topik Panas dalam Debat Capres

Dilansir oleh RAND Corporation, rudal balistik merupakan kendaraan berpeluncur roket dengan jarak pendek, menengah, dan jauh dengan berisikan senjata nuklir ataupun konvensional.

Penggunaan rudal hypersonik merupakan sebagai alat peperangan dan terorisme. Tujuannya sebagai kombatan, pertahanan, dan dapat menjadi ancaman terhadap lingkungan keamanan global.

Baca juga: Disinggung Punya Lahan 340 Ribu Ha, Prabowo Gagal Tahan Emosi

Rudal hipersonik akan diluncurkan dari roket, memisahkan diri dari roket, hingga meluncur terhadap target. Rudal hipersonik dikembangkan oleh Amerika, Rusia, dan Tiongkok. 

Indonesia sendiri memiliki rudal pertahanan udara dengan yaitu rudal balistik hipersonik YJ 21 dan termasuk alutsista premium bagi Indonesia.

Debat pilpres ketiga ini membawakan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Dimulai pada pukul 19.00 WIB, para calon presiden--Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo--beradu gagasan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat