visitaaponce.com

KPK Bakal Berikan Kesempatan 3 Capres Adu Gagasan Pemberantasan Korupsi

KPK Bakal Berikan Kesempatan 3 Capres Adu Gagasan Pemberantasan Korupsi
Tiga Capres diminta adu gagasan upaya pemberantasan korupsi(AFP)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memanggil tiga calon presiden dan wakilnya pada 17 Januari 2024. Mereka semua bakal diberikan kesempatan untuk mengadu gagasan terkait upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Benar, akan diberikan kesempatan untuk masing-masing-masing paslon (pasangan calon) menyampaikan (gagasan soal upaya pemberantasan korupsi),” kata juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu (10/1)

Ipi menjelaskan meski ada kesempatan adu gagasan, undangan dari pihaknya bukan ajang debat bagi para capres dan cawapres. Menurutnya, kegiatan itu merupakan pendidikan antirasuah untuk menguatkan wawasan para pasangan dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baca juga: 3 Capres Janji Hadir dalam Pendidikan Antikorupsi KPK

“Kegiatan penguatan integritas dan antikorupsi kepada paslon capres dan cawapres 2024 ini dimaksudkan sebagai pembekalan kepada paslon untuk selalu memberikan keteladanan dalam menjalankan peran dan tugasnya ke depan,” ujar Ipi.

Selain itu, dalam kegiatan itu juga para pasangan bakal diminta membuat pakta integritas terkait komitmen antikorupsi. Kegiatan ini dipastikan sesuai dengan semangat UNCAC dan Jakarta Statement on Principle for Anticorruption Agencies.

Baca juga: KPK Undang 3 Capres pada 17 Januari

Sebelumnya, KPK berencana mengundang tiga calon presiden Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto untuk mengikuti pendidikan antirasuah di instansinya. Ketiganya sudah mengonfirmasi akan hadir.

“Informasi yang kami peroleh, yang kami undang dimaksud, jadi pasangan presiden dan calon wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Januari 2024.

Acara pendidikan antikorupsi yang digelar KPK yakni Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (PAKU Integritas). Tiga calon wakil presidennya yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka juga diundang dalam acara tersebut.

Ali mengatakan wejangan antikorupsi itu diharap bisa membangun komitmen integritas bagi para capres dan cawapres. Sejumlah petinggi dalam instansi panitia pemilu pun diundang. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat