visitaaponce.com

Anies Beberkan Kriteria Kabinet yang Ideal

Anies Beberkan Kriteria Kabinet yang Ideal
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP)

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan membeberkan kriteria kabinet yang ideal jika nanti terpilih menjadi presiden. Menurutnya, sosok-sosok yang mengisi kabinet harus memiliki tiga hal, yaitu kompetensi, relevansi dan integritas.

"Kalau bicara tentang kabinet, yang paling penting itu satu kompetensi, dua relevansi, tiga integritas yang tidak bermasalah," uajr Anies di Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis (11/1) malam.

Ia mengatakan tidak masalah apabila sosok tersebut berasal dari partai atau nonpartai. Yang terpenting, tiga kriteria tersebut terpenuhi.

Baca juga: Anies: Negara harus Mampu Bangun Ekosistem Pasar yang Sehat

"Latar belakangnya bisa beda-beda. Mau latar belakangnya berpartai, tidak berpartai, mau latar belakangnya dari pusat, dari daerah, laki-laki atau perempuan itu tidak jadi persoalan," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menyampaikan pandangan bagaimana seharusnya pemerintah berkolaborasi aktif dengan pelaku usaha.

Menurutnya, kolaborasi yang tepat adalah pemerintah berwenang untuk mengeluarkan kebijakan, namun tetap melibatkan pelaku usaha seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dalam setiap proses penyusunannya. Itu yang menurutnya saat ini masih belum berjalan baik.

Baca juga: Survei: Program Makan Siang-Susu Gratis Prabowo-Gibran tidak Terlalu Penting, Mengapa?

"Prinsip kolaborasi artinya pemerintah yang memang memegang kewenangan, tetapi dalam menyusun kebijakan bukan hanya mengundang untuk partisipasi, melainkan kolaborasi. Jadi, kolaborasi itu satu level di atas partisipasi," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat