visitaaponce.com

Anies Negara harus Mampu Bangun Ekosistem Pasar yang Sehat

Anies: Negara harus Mampu Bangun Ekosistem Pasar yang Sehat
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP)

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menekankan bahwa negara harus mampu membangun ekosistem pasar yang sehat dan kondusif. Hal itu harus dilakukan supaya tercipta pemerataan ekonomi secara nasional. Adapun, sehat yang dimaksud oleh Anies adalah memberi ruang kebebasan dan kesetaraan kepada seluruh pelaku usaha dalam waktu yang bersamaan.

"Sehat itu, satu memberi ruang kebebasan, kedua ada atau kesetaraan, kesempatan yang sama untuk semua," kata Anies setelah menghadiri Debat Bersama Kadin Menuju Indonesia Emas 2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (11/1) malam.

Dengan membangun ekosistem sedemikian rupa, kompetisi di pasar menjadi sehat. Ketika itu terjadi, yang akan menerima manfaatnya adalah semua golongan, mulai dari negara, pelaku usaha, hingga masyarakat.

Baca juga: Pemerintah harus Berkolaborasi Aktif dengan Pelaku Usaha

"Kompetisi yang sehat seperti ini akan membuat pasar berkembang lebih baik. Kita semua akan mendapatkan manfaat yang optimal," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Anies juga mengatakan pemerintah harus berkolaborasi aktif dengan pelaku usaha demi menghasilkan pengelolaan dan regulasi yang kondusif. Menurutnya, kolaborasi yang tepat adalah pemerintah berwenang untuk mengeluarkan kebijakan, namun tetap melibatkan pelaku usaha seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dalam setiap proses penyusunannya. Itu yang menurutnya saat ini masih belum berjalan baik.

Baca juga: Survei: Program Makan Siang-Susu Gratis Prabowo-Gibran tidak Terlalu Penting, Mengapa?

"Prinsip kolaborasi artinya pemerintah yang memang memegang kewenangan, tetapi dalam menyusun kebijakan bukan hanya mengundang untuk partisipasi, melainkan kolaborasi. Jadi, kolaborasi itu satu level di atas partisipasi," paparnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat