visitaaponce.com

Anies Setiap Fase Ada Kepemimpinan Berkelanjutan

Anies: Setiap Fase Ada Kepemimpinan Berkelanjutan
Anies mengatakan setiap fase itu ada kepemimpinan berkelanjutan.(AFP)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan sejak era Presiden pertama RI, Soekarno, kepala negara berikutnya sejatinya melanjutkan kepemimpinan melalui sistem pemilihan. hal itu merespon pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait pemimpin yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan. 

"Pak Jokowi melanjutkan kempemimpinan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), SBY melanjutkan kepemimpinan Ibu Mega. Ibu Mega melanjutkan kepemimpinan Gus Dur, Gus Dur melanjutkan kepemimpinan Pak Habibie, Pak Habibie melanjutkan kepemimpinan Pak Harto, Pak Harto Melanjutkan kepemimpinan Bung Karno. Jadi setiap fase itu ada kepemimpinan berkelanjutan," kata Anies di Lampung, Minggu (14/1).

Setiap kepala negara yang melanjutkan kepemimpinan, kata Anies, sejatinya memiliki kebijakan baru. Namun, kebijakan yang baru itu harus bisa sejalan dengan janji-janji kemerdekaan.

Baca juga: Gatot: Perintah Listyo Tidak Pantas

"Justru pemilu adalah kesempatan untuk memperbaharui bangsa ini untuk terus kita bisa meningkatkan, memperbaiki, dan memastikan janji kemerdekaan itu lunas," ucap Anies.

Sebelumnya, Kapolri menyinggung soal kepemimpinan estafet. Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara Perayaan Natal Mabes Polri Tahun 2023 di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan.

Baca juga: Ungkapan Kapolri Terkait Estafet Kepemimpinan Tuai Polemik

"Yang kita cari adalah pemimpin yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan, bukan karena perbedaan. Akhirnya bukan pemimpin yang kita cari, tapi yang kita pelihara perbedaan terus dan kemudian itu kita bawa dalam konflik," kata Kapolri di hadapan para anggota dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara perayaan Natal seperti dilihat di YouTube Divisi Humas Polri, Kamis, 11 Januari 2024.

Sebelum menyampaikan itu, Kapolri mengatakan tugas berat Polri yang ada di pundak masing-masing anggota adalah Pilpres. Jenderal polisi bintang empat ini mengingatkan bahwa perbedaan pendapat tidak boleh membuat dan merusak cita-cita bersama.

"Karena kenapa? kita menginginkan siapapun pemimpin yang saat ini kemudian naik menjadi pasangan calon tentu lah para pemimpin-pemimpin terbaik," ujar Listyo. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat