visitaaponce.com

Anies Targetkan Indonesia Setop Impor Bahan Baku Obat pada 2029

Anies Targetkan Indonesia Setop Impor Bahan Baku Obat pada 2029
Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan (tengah).(MI/Susanto)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berencana menyetop impor bahan baku obat secara bertahap. Pengurangan impor ditargetkan 20 persen per tahun.

“Harapannya setelah lima tahun bisa menggantikan bahan baku impor obat,” kata Anies dalam dialog nasional bersama calon presiden dan calon wakil presiden 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Januari 2024.

Anies mengatakan saat ini 90 persen bahan baku farmasi dan kesehatan masih impor. Bahan baku itu diimpor dari Tiongkok dan India.

Baca juga: Anies bakal Perbanyak Pasar Ikan untuk Sejahterakan Nelayan

Selain itu, Anies hendak membuat terobosan dengan memperkuat sistem surveilans nasional. Caranya dengan mengintegrasikan data dan sistem kesehatan.

“Berikutnya meningkatkan kapasitas dan kualitas laboratorium serta pengayaan respons pandemi bagi tenaga kesehatan,” ujar dia.

Baca juga: Anies bakal Sediakan Layanan Kesehatan Mental Gratis di Puskesmas

Anies juga memaparkan visi soal pembiayaan kesehatan. Dia berjanji membuat sistem rujukan pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang lebih mudah dan berorientasi pada keselamatan pasien.

“Serta mengevaluasi besaran pembayaran fasilitas tingkat lanjut dan sistem kapitasi untuk memperkuat pelayanan JKN,” tutur dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat