visitaaponce.com

Istana Segera Siapkan Pengganti Firli Bahuri

Istana Segera Siapkan Pengganti Firli Bahuri
Gedung KPK(MI/Adam Dwi)

KOORDINATOR Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan pemerintah segera menyiapkan pengganti Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. 

Seperti diberitakan, Firli diberhentikan sebagai Ketua dan anggota KPK karena terjerat kasus dugaan pemerasan terhadap Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Ya masih dalam proses. Mudahan-mudahan secepatnya segera akan disampaikan (pada Dewan Perwakilan Rakyat)," ujar Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/1).

Baca juga : KPK Klaim Selamatkan Aset Hasil TPPU Senilai Rp525,4 Miliar

Saat ini Ketua KPK Sementara dijabat oleh Nawawi Pomolango. Pimpinan KPK sekarang berjumlah empat orang setelah Firli Bahuri berhenti. Ari menjelaskan pergantian anggota KPK harus melalui mekanisme di DPR. Presiden akan mengusulkan nama pada DPR.

"Ya prosesnya kan harus melalui DPR. Jadi kita tunggu segera akan disampaikan (presiden)," sambung Ari.

Baca juga : KPK Gelar 127 Penyelidikan dan 161 Penyidikan Selama 2023

Setelah DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada calon anggota KPK yang baru, ujarnya, ketua KPK definitif baru akan dipilih. Sesuai Undang-Undang No.19/2019 tentang KPK khususnya Pasal 33 dijelaskan apabila terjadi kekosongan pimpinan KPK, Presiden mengajukan penggantinya ke DPR. 

Presiden Jokowi memberhentikan Firli melalui Keputusan Presiden (Keppres). Firli diberhentikan dari jabatan Ketua KPK antara lain terkena masalah hukum. Ia telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan yang saat ini ditangani oleh Polda Metro Jaya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat