visitaaponce.com

Polri Buka Kesempatan Penyandang Disabilitas Ikut Seleksi Bintara-SIPSS

Polri Buka Kesempatan Penyandang Disabilitas Ikut Seleksi Bintara-SIPSS
Ilustrasi penyandang disabilitas.(Freepik)

STAF Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri memulai proses rekrutmen Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2024. SSDM Polri membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi perwira kepolisian dan bintara.

“Pada penerimaan ASN Polri jalur PPPK Tahun 2023, kita telah menerima 1 orang disabilitas daksa di Polda Sumsel, perempuan. Jabatan arsiparis. Yang bersangkutan lulusan D3 Manajemen Perusahaan,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis Rabu, 17 Januari 2024.

Baca juga: Tata Cara Daftar Online Rekrutmen SIPSS Calon Perwira Polri TA 2024

Dedi menjelaskan dasar hukum yang digunakan dalam penerimaan ini adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2021, dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2021. Sedangkan, kesempatan bagi penyandang disabilitas fisik untuk menjadi anggota Polri berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

"Bahwa tahun ini, Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas, di mana rekrutmen disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi," ujar mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

Baca juga: Cek Perubahan Jurusan dan Syarat untuk Rekrutmen SIPSS Calon Perwira Polri TA 2024 

Dedi menuturkan penyandang disabilitas akan ditugaskan untuk mengisi jabatan-jabatan. Seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, Administrasi dan lainnya yang bersifat non-lapangan.

"Sebagai referensi pada tiga negara maju yang menerima polisi dari golongan disabilitas antara lain Australia, Amerika Serikat dan Inggris," tutur jenderal polisi bintang dua itu.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat