visitaaponce.com

Bawaslu akan Telusuri Surat Suara Tercoblos di Taiwan

Bawaslu akan Telusuri Surat Suara Tercoblos di Taiwan
Bawaslu akan selediki surat suara tercoblos di Taiwan(Instagram)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI bakal mengecek kebenaran surat suara yang telah tercoblos setelah diterima oleh warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan. Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan dari kejadian yang viral lewat media sosial tersebut.

"Belum ada laporan sih, coba kita telusuri ini orang-orangnya kan. Nanti bisa keliatan kok orang-orangnya. Kita akan telusuri," ujarnya di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (19/1).

Bagja sendiri mengatakan video yang beredar luas terkait surat suara tercoblos belum dapat dipastikan kebenarannya. Sebab, setiap WNI di luar negeri bisa saja mengaku surat suara yang diterima lewat metode pos sudah tercoblos, padahal mereka sendiri yang mencoblosnya

Baca juga : KPU: Surat Suara Rusak Hanya 0,12%

"Kita kan enggak tahu apakah benar. Kita terima surat suara, kita coblos sendiri, kemudian kita bilang ini sudah tercoblos (divideokan dan diviralkan). Bisa juga kan? Atau sebaliknya memang benar," kata Bagja.

Baca juga : Imigrasi Entikong Periksa Seorang WNA Tercatat dalam DPT dalam Pemilu 2024

Sambil menelusuri kejadian itu, Bagja mengimbau WNI yang merasa mendapatkan surat suara tercoblos untuk melaporkan kejadian tersebut ke panitia pengawas pemilu (panwaslu) luar negeri

Sebelumnya, salah satu akun pada media sosial X (dulu Twitter) @Kopipait__78 mengunggah video berdurasi 1 menit 29 detik pada Kamis (18/1). Video itu menunjukkan keluhan dua WNI sambil menunjukkan dua surat suaranya yang tercoblos.

Untuk surat suara Pemilu Presiden-Wakil Presiden, coblosannya terlekat pada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sedangkan surat suara Pemilihan Legislatif DPR RI dapil Jakarta II, coblosannya berada pada PDI Perjuangan.

Kendati demikian, video itu tidak merekam proses pembukaan amplop surat suara dari awal. Bagja pun mempertanyakan keabsahan video itu karena tidak menunjukkan proses pembukaan amplop secara utuh. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat