visitaaponce.com

Prabowo-Gibran Berpeluang Lawan Anies-Muhaimin di Putaran Kedua

Prabowo-Gibran Berpeluang Lawan Anies-Muhaimin di Putaran Kedua
Pasangan capres-cawapres 2024(MI / Adam Dwi)

PASANGAN capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka berpeluang berhadapan dengan capres Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam putaran kedua. Hal ini melihat tren elektabilitas kedua pasangan itu yang terus meningkat.

"Potensi besar yang menantang Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di putaran kedua ialah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam konferensi pers secara virtual, Jumat, (19/1). 

Hanta menerangkan elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami tren kenaikan signifikan sejak November hingga Desember 2023. Namun, hanya mengalami tren kenaikan yang tipis cenderung stagnan pada Januari 2024.

Baca juga : Anies Mengobrol dengan Prabowo di Acara KPK, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

"Sehingga elektabilitas saat ini diangka 46,7 persen," jelasnya.

Baca juga : Ini Respons Ganjar soal Kekalahannya dari Prabowo di Jawa Tengah

Elektabilitas AMIN juga mengalami kenaikan sejak September hingga November 2023. Elektabilitas pasangan 1 itu sempat stagnan pada November ke Desember 2023.

Namun, elektabilitas AMIN melonjak tajam dari Desember 2023 ke Januari 2024. "Kenaikan 23 persen menjadi 26 persen ada kenaikan sekitar 3,8 persen," jelasnya.

Sedangkan, elektabilitas pasangan capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD turun bebas. Hal ini terjadi sejak September 2023 hingga Januari 2024.

"Ganjar-Mahfud penurunannya signifikan sampai 6,7 persen," terangnya.

Survei ini dilakukan pada 1-7 Januari 2024 dengan melibatkan 1.220 responden. Proses wawancara dilakukan melalui metode tatap muka. Margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Bob/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat