visitaaponce.com

Dewi Kartika, Aktivis Agraria dengan Dedikasi Tinggi Jadi Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024

Dewi Kartika, Aktivis Agraria dengan Dedikasi Tinggi Jadi Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024
Dewi Kartika, Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria, panelis debat cawapres Pilpres 2024.(Dok. Youtube Pembaruan Agraria)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan panelis debat cawapres kedua Pilpres 2024. Salah satu panelis yang akan berperan dalam debat cawapres ini adalah Dewi Kartika, seorang ahli agraria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) periode 2021-2025.

Sebelumnya, Dewi Kartika telah aktif terlibat dalam berbagai kampanye pendidikan dan organisasi kemasyarakatan yang berfokus pada isu agraria.

Debat ini akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Minggu, 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB. Sebanyak 11 panelis telah ditetapkan untuk turut serta dalam diskusi krusial tersebut.

Baca juga : Arif Satria, Rektor IPB University Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024

Bergabung dengan KPA sejak tahun 2007, Dewi Kartika turut berkontribusi dalam perjuangan reforma agraria. KPA sendiri merupakan sebuah organisasi kerakyatan di Indonesia yang secara konsisten memperjuangkan hak-hak agraria. Dengan keaktifannya, Dewi Kartika berhasil mendapatkan beasiswa studi transisi agraria di Institute of Social Study (ISS), Den Haag, Belanda pada tahun 2011.

Menurut informasi yang dihimpun dari landcoalition.org, Dewi Kartika merupakan bagian dari Dewan Global International Land Coalition (ILC) dari Asia. Dalam sebuah diskusi publik yang bertajuk ‘Konflik Agraria di Tengah Geliat Pembangunan Strategis Nasional’ pada September 2023, Dewi Kartika menjelaskan secara mendalam tentang lima masalah atau krisis agraria di Indonesia.

Dewi Kartika sebagai seorang ahli agraria yang berdedikasi dan aktif dalam berbagai inisiatif organisasi memberikan warna dan keahlian khusus pada debat cawapres kedua Pilpres 2024. Keikutsertaannya diharapkan dapat memberikan kontribusi berharga terhadap diskusi mengenai isu-isu agraria dan perkembangan strategis nasional di tanah air.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat