visitaaponce.com

Debat Cawapres, Isu Food Estate Diyakini Bakal Ditanyakan ke Gibran Rakabuming

Debat Cawapres, Isu Food Estate Diyakini Bakal Ditanyakan ke Gibran Rakabuming
Foto udara petakan persawahan ekstentifikasi lahan di Desa Pilang, Kalteng, yang masuk program Food Estate.(Antara)

DOSEN Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Aditya Perdana mengemukakan debat keempat atau debat cawapres kedua Pilpres 2024 akan menjadi menarik bagi para pemilih karena sudah mendekati hari pemilihan. Adit menuturkan diyakini isu food estate yang dijalankan oleh Prabowo Subianto sebagai Menhan akan ditanyakan kepada cawapres Gibran Rakabuming Raka.

“Dalam perspektif oposisi, Gus Imin dan Prof Mahfud akan memanfaatkan kesempatan ini untuk men-challenge Gibran terkait keberlanjutan dari Food Estate,” terang Adit kepada Media Indonesia, Minggu (21/1).

Kemudian, kata Adit, isu yang menyangkut Wadas juga akan menjadi perbincangan untuk ditujukan kepada Ganjar.

Baca juga : Gibran Dinilai Bukan Representasi Anak Muda yang Ideal

“Sama halnya dengan isu Reklamasi yang ditujukan kepada Anies. Tiga isu yang memang dilakukan oleh para capres pada masa lalu tentu tidak akan sepenuhnya dapat dijelaskan oleh para cawapresnya, namun tetap akan menjadi isu isu menarik dalam debat kali ini,” ujarnya.

“Dugaan saya isu lain yang akan diperbincangkan adalah ketahanan pangan, komitmen kebijakan yang pro terhadap HAM dalam kaitannya dengan pembangunan yang berdampak lingkungan seperti IKN, isu pengembangan desa, hilirisasi proyek proyek pertambangan dan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Adit menyebut isu yang berkaitan dengan climate change juga akan diperbincangkan. Ia menduga tidak ada yang dibahas secara mendalam dan mendetail dalam kerangka dan rancangan kebijakan yang akan dilakukan setelah terpilih.

Baca juga : Gibran Hanya Diam saat Ditanya Soal Debat Cawapres

“Di luar itu, kita semua punya ekspektasi tinggi bahwa substansi debat keempat ini akan mampu mengedukasi pemilih, menyadarkan kita semua terkait dengan langkah dan kebijakan apa yang akan dilakukan bila terpilih. Semoga demikian,” tegasnya.

Adit mengemukakan secara substantif, ketiga cawapres tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dalam terkait isu/isu menyangkut lingkungan hidup berkelanjutan.

“Sehingga debat kali ini akan menarik untuk melihat lebih jauh artikulasi pengetahuan dan rencana2 pembangunan yang disampaikan ketiga cawapres dimana hal tersebut berasal dari tim paslon,” tandas Adit.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat