visitaaponce.com

Arif Satria, Rektor IPB University Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024

Arif Satria, Rektor IPB University Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Rektor IPB University Arif Satria (kiri).(Antara)

REKTOR IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi, terpilih menjadi salah satu panelis dalam debat cawapres kedua atau debat keempat Pilpres 2024. Debat ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Arif Satria, seorang ahli ekologi politik dan kebijakan pengelolaan sumber daya alam, akan bergabung dengan 10 panelis lainnya dalam memeriahkan acara yang ditunggu-tunggu.

Debat keempat Pilpres 2024 akan melibatkan ketiga calon wakil presiden (cawapres), yaitu Prof Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka. Mereka akan beradu gagasan mengenai isu-isu krusial seperti pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa.

Baca juga : Dewi Kartika, Aktivis Agraria dengan Dedikasi Tinggi Jadi Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024

Arif Satria adalah Rektor IPB University yang juga seorang akademisi berbakat. Dirinya telah menjadi dosen Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB sejak tahun 2010, membawa keahlian dalam ekologi politik dan kebijakan pengelolaan sumber daya alam.

Sebelum menjabat sebagai rektor, Arif Satria telah berkiprah sebagai dosen di Departemen Sosial Ekonomi Perikanan. Bukan kali ini saja Arif Satria terlibat sebagai panelis dalam debat tingkat nasional. Pada Pilpres 2019, dia juga menjadi salah satu panelis yang diusung oleh KPU, menunjukkan pengakuan atas keahlian dan kontribusinya dalam berbagai bidang.

Perjalanan karir Arif Satria tidak hanya mencakup akademisi, tetapi juga pernah menjadi penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan pada tahun 2012. Sejak tahun 2002, Arif Satria aktif terlibat dalam penyusunan kebijakan kelautan dan perikanan, termasuk peran dalam pembentukan UU Perikanan 31/2004 dan revisi UU Pengelolaan Perikanan.

Baca juga : Profil Fabby Tumiwa Ahli Energi Jadi Debat Cawapres Kedua Pilpres 2024

Arif Satria bukan hanya seorang akademisi sukses, tetapi juga meraih sejumlah penghargaan, termasuk Dosen Berprestasi III IPB dan penghargaan dari Rektor IPB pada tahun 2007. Pengakuan internasional juga datang, seperti penghargaan sebagai The First Winner of the JIFRS Yamamoto Prize pada Konferensi International Institute for Fisheries Economics and Trade (IIFET) tahun 2008.

Pendidikan Arif Satria mencakup S1 di Institut Pertanian Bogor, S2 di bidang Sosiologi Pedesaan di institusi yang sama, dan S3 di Kagoshima University, Jepang, dengan jurusan Department of Marine Social Science pada tahun 2006.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat