visitaaponce.com

Pernyataan Jokowi Bikin Kaget

Pernyataan Jokowi Bikin Kaget
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Labuan Bajo.(Dok.MI)

KUBU pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) kaget dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena presiden kini terang-terangan menyatakan seorang Kepala Negara boleh berkampanye dan memihak pada pemilihan umum (pemilu).

"Saya kira kita semua kaget, semua terkejut karena itu seperti berbalik dengan apa yang selama ini diungkapkan terus menerus," kata co-captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Amin Sudirman Said di Rumah Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Januari 2024.

Sebelumnya, Jokowi kerap menyuarakan netralitas. Ketidakberpihakan itu disuarakan demi terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara jujur dan adil.

Baca juga: 

Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2024.

Pernyataan Presiden Jokowi Sangat Dangkal

 

"Logikanya begini, mengapa polisi diminta netral, mengapa ASN diminta netral, mengapa pegawai BUMN diminta netral? karena mereka punya kewenangan publik," ujar Sudirman.

Menurut Sudirman, situasi saat ini akan memunculkan kekhawatiran di publik. Bahwa kewenangan dari presiden akan memudahkan pasangan capres-cawapres tertentu karena ada pengerahan aparat negara.

Baca juga:

 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

02 tidak Mau Mundur

"Dikhawatirkan adalah kalau kewenangan publik itu digunakan untuk berpihak atau punya preferensi pada partai atau kandidat tertentu. Karena itu, memang sudah benar bahwa seluruh aparat negara memang diminta untuk netral," ucap Sudirman.

Presiden Jokowi menyebut Kepala Negara boleh berkampanye dalam pemilihan umum (pemilu). Selain itu, seorang presiden juga boleh memihak kepada calon tertentu.

"Presiden itu boleh loh kampanye. Presiden itu boleh loh memihak. Boleh. Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. (Jadi) boleh (presiden kampanye)," ujar Jokowi di Terminal Selatan Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat