visitaaponce.com

Anies Janji Godok BPJS Ojol Lewat Kemenaker

Anies Janji Godok BPJS Ojol Lewat Kemenaker
Anies janji bahas BPJS untuk Ojol di dalam ranah Kemenaker(Medcom/Fachri Audhia Hafiez)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan janji bakal menggodok program jaminan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi pengemudi ojek online (ojol). Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan diupayakan menggodok program tersebut.

"Bahkan dalam catatan kami semua regulasi yang terkait dengan ini harus disiapkan oleh kementerian tenaga kerja. Kemenaker enggak boleh absen, justru harus hadir dan menyusun regulasi untuk para pekerja online," kata Anies dalam acara 'Desak Slepet Amin' di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 29 Januari 2024.

Selain itu, Anies juga mengatakan serikat pekerja untuk pengemudi ojol juga mestinya harus ada. Serikat tersebut juga menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi para pengemudi ojol.

Baca juga: Tingkatkan Sinergitas, BPJS Ketenagakerjaan Audiensi dengan Bank Jambi

"Menurut saya harus boleh ada hak serikat bagi pekerja ojol, selama ini tidak ada," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengupayakan komunikasi pihak aplikator ojol dengan pemerintah. Hal ini penting untuk mendukung keselamatan para pengemudi.

"Pemerintah bersama-sama dengan para pelaku menyusun standar safety bagi para pengemudi ojol karena kita tahu banyak sekali kejadian kecelakaan karena tidak ada batasan jam kerja, tidak ada unsur kontrol, dan kelelahan itu sangat bisa terjadi dan ketika kelelahan terjadi potensi kecelakaan itu sangat tinggi," jelas Anies. (Z-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat