visitaaponce.com

Anies-Muhaimin Soroti Kriminalisasi Jurnalis

Anies-Muhaimin Soroti Kriminalisasi Jurnalis
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan audiens dalam acara Desak dan Slepet AMIN di JIExpo, Kemayoran, Jakarta,(MI/Usman Iskandar)

PASANGAN capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) menyoroti aksi kriminalisasi yang kerap dihadapi jurnalis. Aksi tersebut mengganggu kinerja hak para pekerja yang istimewa tersebut

"Memang jurnalis adalah profesi yang istimewa. Sehingga kita harus hati hati karena akhir-akhir ini banyak sekali kriminalisasi maupun upaya mengganggu hak-hak para jurnalis," kata Cak Imin dalam acara 'Desak Slepet AMIN' di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 29 Januari 2024.

Cak Imin mengatakan ia bersama Anies berkomitmen untuk menjamin hak-hak jurnalis. Hal itu akan ia tuntaskan jika terpilih jadi pasangan presiden dan wakil presiden.

Baca juga: Anies Doakan Bakso yang Dimakan Jokowi Bersama Prabowo Enak

"Amanat ini kita akan menjamin hak hak yang melekat pada seorang jurnalis, kebebasan untuk menyampaikan ekspresi pekerjaannya, kebebasan, perlindungan hukum itu mutlak," ucap Cak Imin.

Anies mengatakan soal kriminalisasi harus terus diwaspadai. Pedoman terkait upaya-upaya penanganan terhadap kasus yang dihadapi jurnalis harus difokuskan.

Baca juga: Perjalanan Anies Diabadikan Melalui Buku 'Anies Baswedan The Rising Star'

"Terutama yang aspek kriminalisasi tadi, ini kriminalisasi harus hati hati, perlu pedoman khusus dari penegak hukum jika ada pelaporan terhadap jurnalis. Sehingga kita punya mekanisme screening yang lebih ketat yang memang legitimate terjadi pelanggaran disitu, baru bisa dilakukan penuntutan, tapi yang tidak jangan sampai dikriminalisasi," jelas Anies. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat