visitaaponce.com

KPU Buka Ruang Capres-Cawapres Bersanding Saat Closing Debat Pemungkas

KPU Buka Ruang Capres-Cawapres Bersanding Saat Closing Debat Pemungkas
Debat capres ketiga(MI / M Irfan)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI membuka kemungkinan agar calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berdiri bersandingan saat segmen keenam debat terakhir pada Minggu (4/2). Segmen keenam itu adalah kesempatan bagi para kandidat menyampaikan pernyataan terakhir atau closing statement.

Pada empat debat edisi sebelumnya, penyampaian closing statement hanya disampaikan oleh kandidat yang berdebat. Jika debat yang digelar khusus untuk capres, maka cawapres hanya duduk di bangku yang disediakan selama debat berlangsung, termasuk saat capresnya menyampaikan closing statement. Begitu pula sebaliknya.

Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan pihaknya masih akan mendiskusikan kemungkinan bagi capres dan cawapres untuk dapat berdiri bersandingan saat penyampaian closing statement pada debat pamungkas. Debat edisi kelima itu seyogianya dikhususkan untuk capres.

Baca juga : Respons Soal Aksi Grace Natalie Hampiri Moderator Debat

"Bisa saja, tidak ada persoalan tanpa mengurangi subtansi apapun. Karena ini kan bagian dari visi-misi, bagian dari penutup. Itu bisa saja dilakukan," ujarnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (2/2).

Kendati demikian, keputusan tersebut masih bakal dibicarakan lebih lanjut oleh KPU dengan masing-masing tim pasangan calon. Menurut Mellaz, persiapan debat pamungkas sudah dimulai sejak semalam dengan kegiatan loading barang.

Baca juga : Gibran Lakukan Provokasi Berulang Saat Debat, KPU Bakal Bahas di Rapat Pleno

"Malam ini juga ada semacam gladi kotor, dan itu biasanya melibatkan bukan hanya media penyelenggara, tapi juga dari tim paslon," terangnya.

Adapun pada Sabtu (3/2) bakal digelar gladiresik. "Saya kira kalau misalnya ternyata menarik untuk kemudian disepakati cawapresnya untuk mendampingi, menurut kami tidak ada persoalan sama sekali," tandasnya.

Selain kemungkinan bersandingnya setiap pasangan calon saat closing statement, KPU RI juga melakukan perubahan dari sisi waktu, yakni dengan menambah durasi setiap kandidat berbicara. Pada empat debat terdahulu, durasi closing statement yang diberikan hanya dua menit, sedangkan pada debat terakhir diperpanjang jadi empat menit.

Baca juga : Debat Capres-Cawapres untuk Uji Gagasan, Bukan Dapat Tepuk Tangan Terbanyak

Para kandidat yang bakal berdebat adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Adapun tema debat mendatang seputar pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

KPU menunjuk dua pembawa berita TV One sebagai moderator, yaitu Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Selain itu, ada juga 12 panelis yang telah mengonfirmasi kesediaan berpartisipasi menyusun daftar pertanyaan. (Tri/Z-7)

Baca juga : Debat Capres Pertama Tentukan Pilihan Pemilih Gamang

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat