visitaaponce.com

Muhammadiyah Minta Seruan Civitas Academica Direspons Positif

Muhammadiyah Minta Seruan Civitas Academica Direspons Positif
Ilustrasi Pemilu 2024(Antara)

SEKRETARIS Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menilai munculnya pernyataan dan sikap para guru besar serta civitas academica dari berbagai perguruan tinggi menunjukkan kehirauan mereka terhadap masa depan dan demokrasi di Indonesia. Oleh karenanya, sikap sivitas akademik tersebut perlu direspon positif.

"Pernyataan itu merupakan seruan moral yang seharusnya direspon positif oleh penyelenggara pemilu, pemerintah, partai politik, dan semua pihak yang berkontestasi dalam Pemilu 2024," katanya kepada Media Indonesia, Sabtu (3/2).

Sikap itu dimulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM) lewat Petisi Bulaksumur. Sivitas dari almamater Presiden Jokowi itu mendesak segenap aparat penegak hukum serta semua pejabat negara dan aktor politik di belakang Presiden, termasuk Jokowi sendiri, untuk segera kembali pada koridor demokrasi.

Baca juga : Forum Rektor Muhammadiyah dan Aisyiyah Siap Kawal Pemilu dan Tegakkan Asas Luber Jurdil

Setelah UGM, pernyataan senada juga berikutnya disampaikan antara lain dari para sivitas Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Mulawarman, Universitas Padjajaran.

"Terkait dengan beberapa pernyataan yang mengatasnamakan perguruan tinggi Muhammadiyah, semuanya merupakan pernyataan perseorangan atau kelompok tertentu, bukan pernyataan resmi yang mewakili warga Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah," pungkas Mu'ti. (Tri/Z-7)

Baca juga : Calon Presiden Keren

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat