visitaaponce.com

Debat Terakhir Pilpres 2024, Momen Capres Yakinkan Pemilih

Debat Terakhir Pilpres 2024, Momen Capres Yakinkan Pemilih
Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo(Antara/Aditya Pradana Putra)

JELANG debat terakhir di Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2024, Pengamat Sosial Herry Mendrofa menilai inilah momentum debat capres pamungkas untuk meyakinkan pemilih.

Adapun tema debat terakhir Pilpres 2024 yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

“Dapat dipastikan debat terakhir Pilpres 2024 ini adalah debat capres pamungkas karena temanya mengulas ihwal yang fundamental dan penting misalnya menyoal soal sosial, pendidikan, dan kesehatan,” ucap Herry.

Baca juga : Debat Capres Pertama Tentukan Pilihan Pemilih Gamang

Menurut Herry, semua capres mestinya mampu menerjemahkan visi dan misinya dalam program yang dimengerti dan bermanfaat bagi publik di debat capres terakhir.

“Problem bangsa ini kan sangat mendasar yakni masalah sosial, pendidikan, kesehatan, saya rasa debat pilpres terakhir adalah kesempatan semua capres untuk meyakinkan dan kemudian menyampaikan program konkret, langsung to the point dan tidak hanya sebatas narasi,” ujarnya.

Dia mendorong agar ketiga capres menitikberatkan pada strategi pengentasan kemiskinan, dan komitmen terhadap peningkatan kualitas hidup warga negara dari aspek pendidikan, kesehatan termasuk sumber daya manusia yang diakomodasi melalui perluasan lapangan kerja.

Baca juga : Sah! KPU Tetapkan Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres, Anies-Muhaimin Nomor 1

“Jadi isu besarnya adalah sosial, kesehatan, pendidikan, maka isu turunannya adalah pengentasan kemiskinan, infrastruktur inklusif, dan perluasan lapangan kerja. Semuanya ini harus disampaikan tuntas oleh Anies, Prabowo, dan Ganjar,” tutur Herry.

Selain itu Herry yakin bahwa baik Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo akan tampil prima karena memiliki pengalaman selama menjadi kepala daerah dan juga pengalaman di legislatif.

“Anies dan Ganjar pernah jadi kepala daerah, tema debat capres terakhir adalah problem yang sering mereka hadapi, pasti punya paradigma dan strategi khusus untuk mengatasi masalah,” ucapnya.

Baca juga : AMIN Nomor Urut 1, Prabowo-Gibran Nomor 2 dan Ganjar-Mahfud Nomor 3

Sedangkan Prabowo Subianto hanya dapat terbantu dengan adanya program Presiden Joko Widodo dan pengalaman Gibran Rakabuming Raka sebagai kepala daerah.

“Prabowo pasti menjadikan Jokowi sebagai role model soal kebijakan maka tidak akan jauh dari narasi keberlanjutan dan juga dibantu oleh Gibran yang berpengalaman sebagai kepala daerah,” ujar Herry. (Z-7)

Baca juga : KPU Jamu Tiga Paslon Capres-Cawapres Gala Dinner Sebelum Kocok Nomor Urut

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat