visitaaponce.com

Civitas Akademika Sudah Muak pada Rezim Jokowi

Civitas Akademika Sudah Muak pada Rezim Jokowi
Tagar #kamimuak menjadi bentuk kemuakan dari civitas academica akan prilaku tidak etis dari Presiden Joko Widodo.(Antara)

SERUAN demokrasi dari beberapa elemen civitas academica dari perguruan tinggi karena menilai rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sangat keterlaluan.

"Mereka mengekspresikan #kamimuak dengan keberulangan perilaku tidak etis yang dipertontonkan oleh Jokowi, keluarga, dan kroni-kroninya," kata Direktur Eksekutif Setara Institute Halili Hasan dalam keterangan tertulis, Senin (5/2).

Halili mengatakan seruan dari perguruan tinggi merupakan bentuk perlawanan terhadap kondisi itu. Upaya mereka semata-mata untuk menyelamatkan demokrasi yang ujungnya menyelamatkan Indonesia.

Baca juga : Muhammadiyah Minta Seruan Civitas Academica Direspons Positif

"Publik sudah muak dengan rezim Jokowi yang secara vulgar mempertontonkan aneka tindakan menghalalkan segala cara untuk melanggengkan kekuasaan pribadi," ujar dia.

Menurut Halili, seruan demokrasi itu bentuk kecintaan pada Indonesia. Mereka menjunjung demokrasi, hak asasi manusia (HAM), dan etika dasar berbangsa dan bernegara.

"Civitas akademika memilih tidak tinggal diam melihat darurat etika, hukum, dan tata demokrasi yang diacak-acak oleh rezim," papar dia.

Baca juga : Forum Rektor Tanggapi Aksi Kritik Demokrasi Para Akademisi

Halili berharap gerakan itu semakin meluas dan diikuti kampus-kampus lainnya. Termasuk, para mahasiswa yang memasifkan konsolidasi hingga menyatakan sikap mendukung demokrasi Indonesia.

"Serta berharap pada media untuk  menggagalkan upaya puncak yang dilakukan oleh rezim Jokowi, untuk melanggengkan kekuasaan dengan cara merampas instrumen demokrasi," ucap dia. (Z-3)

Baca juga : Koalisi Dosen Universitas Mulawarman Desak Jokowi Hentikan Politik Dinasti

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat