visitaaponce.com

Relawan Amin Bangun 50 Ribu Dapur Halal saat Hari Pencoblosan

Relawan Amin Bangun 50 Ribu Dapur Halal saat Hari Pencoblosan
Relawan Amin dirikan 50 dapur halal di tanggal 14 Februari 2024(MI/Tri Subarkah)

RELAWAN pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal mendirikan 50 ribu dapur umum di seluruh Indonesia saat hari pemungutan suara pada Rabu (14/2) mendatang. Dapur yang dinamakan Dapur Rakyat Halal (DRH) Amin itu nantinya akan menyediakan makan siang bagi para saksi Amin yang bertugas di tiap tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Deputi Saksi Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Amin Tamsil Linrung mengatakan, pendirian puluhan ribu DRH Amin merupakan bentuk partisipasi masyarakat dan relawan yang mendukung Amin dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Saksi-saksi ini kita harus jamin bahwa mereka akan mendapatkan layanan konsumsi yang baik, halal, terjamin, sehat, dan tidak perlu meninggalkan TPS untuk makan," ujarnya dalam acara Peluncuran DRH Amin di Jakarta, Jumat (9/2).

Ketua Panitia Nasional DRH Amin, Sabriati Aziz menjelaskan pendirian ribuan dapur umum itu untuk memastikan para saksi Amin di TPS mendapatkan konsumsi yang berstandar secara gizi, kebersihan, dan kehalalan. Selain saksi dalam TPS, konsumsi yang disediakan DRH Amin juga ditujukan bagi saksi di luar TPS.

Di samping itu, pihaknya juga bakal menawarkan makan siang gratis yang dimasak DRH Amin kepada para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Kalau mereka (petugas KPPS) mau ambil alhamdulillah, kalau tidak, enggak apa-apa. Yang pasti antisiapsi dari Dapur Rakyat Halal ini menjadi solusi bagi antisipasi dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," terangnya.

Menurut Sabriati, pihaknya memiliki standarisasi sendiri dalam pendirian dapur yang meliputi lokasi, pengolahan, gizi, sampai penyajian makanan. Kebutuhan gizi dalam setiap makanan memperhatikan kandungan karbohidrat, protein, serta serat.

"Ada buah pisang dan jeruk. Kita memberikan standar, jangan sampai buah potong karena itu akan cepat basi. Untuk menu standarnya sehat, higenis, dan halal," tandasnya. (Z-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat