visitaaponce.com

Petugas KPPS Bakal Sibuk saat Pemungutan Suara, Ini Tips Jaga Kesehatan agar tak Tumbang

Petugas KPPS Bakal Sibuk saat Pemungutan Suara, Ini Tips Jaga Kesehatan agar tak Tumbang
Logistik Pemilu 2024(MI/Apul Iskandar)

ANGGOTA petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan berperan sangat penting saat pemungutan suara pada pemilihan umum (pemilu), sehingga perlu menjaga kesehatan bagi petugas KPPS pada 14 Februari nanti.

Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Tjandra Yoga Aditama mengatakan para petugas dalam dua hari mendatang dan juga di hari-hari sibuk pemilu, harus menjaga kesehatannya dengan baik.

"Dipastikan bahwa hari-hari ini menjaga makanan bergizi dengan porsi seimbang dan istirahat yang cukup," kata Tjandra dalam keterangannya, Senin (12/2).

Baca juga : Ini Tips Menjaga Kesehatan bagi Anggota KPPS

Jika petugas sudah memiliki penyakit tertentu, maka perlu dilakukan pengobatan rutin yang harus tetap dikonsumsi teratur, walaupun sedang sibuk mengurus pemungutan suara, hingga perhitungan suara. Kemudian sedapat mungkin tetap pantau kesehatannya, bila perlu bawa tensimeter misalnya di TPS, atau test cepat gula darah

Menyempatkan diri untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat, untuk siap menghadapi aktivitas di hari pemilu.

Diberitakan sebelumnya pada pemilu 2019 lalu banyak petugas KPPS mengalami sakit hingga meninggal. Berdasarkan laporan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut pada pemilu 2019 terdapat 485 petugas KPPS meninggal mayoritas merupakan laki-laki berusia 46-67 tahun memiliki komorbid.

Baca juga : Relawan AMIN Muda Tegaskan Tolak Politisasi Bansos Jelang Pencoblosan

Pendekatan yang paling ilmiah dan ideal tentunya adalah mencari penyebab kesakitan dan kematian petugas pemilu 2019, menganalisanya secara mendalam dari sudut kesehatan dan menemukan faktor risiko dan faktor penyebab kesakitan dan kematian di 2019 itu.

"Kalau data itu tersedia maka tindakan yang perlu dilakukan sekarang adalah mengacu pada analisa ilmiah kejadian pemilu 2019," ujar dia.

Selanjutnya ketika petugas KPPS merasa amat lelah, atau merasa ada gangguan kesehatan atau merasa penyakit kronik sedang reaktivasi, maka baiknya segera istirahat sejenak sampai pulih.

Baca juga : Pengawas TPS di Bali Diminta Lakukan Pemetaan Kerawanan Sebelum Pemungutan Suara Pemilu 2024

"Untuk para pimpinan unit Ketua KPPS, PPS dan PPK dan lainnya maka akan baik memberi perhatian pada kesehatan para anggota tim kerjanya. Tentu menyelesaikan pekerjaan tugas setiap tahapan pemilu adalah amat penting, tetapi kesehatan apalagi nyawa para petugas adalah di atas dari segala-galanya," ungkapnya.

"Maka amati kinerja semua petugas, juga amati keadaan kesehatan mereka, itu adalah bagian dari tanggung jawab para pimpinan unit," pungkasnya. (Z-5)

 

Baca juga : Timnas Amin : Kumpul Akbar di JIS bukan Klimaks Perjuangan, Kawal Sampai Pemungutan Suara

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat