visitaaponce.com

Duh, Lowongan Petugas KPPS Pemilu Kurang Peminat di Sulawesi Tenggara

Duh, Lowongan Petugas KPPS Pemilu Kurang Peminat di Sulawesi Tenggara
Ilustrasi(MI)

SEJAK dibuka pada 11 Desember 2023, peminat lowongan calon anggota KPPS untuk Pemilu 2024 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, minim pendaftarnya.

Hasil monitoring KPU Kota Kendari  terkait dengan pendaftaran KPPS ditemukan salah satu lambatnya progres pendafataran KPPS disebabkan karena beberapa anggota masyarakat yang mau mendaftar KPPS tidak langsung ke sekretariat PPS.

"Awalnya  terkendala pada pemeriksaan kesehatan namun itu telah diselesaikan, Pemkot Kendari telah menggratiskan Pemeriksaan Kesehatan calon anggota KPPS. Kendala yang dihadapi sekarang sebagian masyarakat mendaftar calon anggota KPPS di rumah pak RT bukan langsung ke Sekretariat PPS di Kantor Kelurahan," ungkap Kadiv Sosdiklih, Parmas & SDM KPU Kota Kendari, Arwah.

Baca juga : Dua Petugas KPPS Pemilu di Riau Meninggal Dunia Usai Bertugas

Ia menegaskan, pemerintah sampai tingkat RT wajib memberikan dukungan pelaksanaan pemilu agar pemilu bisa terlaksana dengan sukses, namun  secara teknis menjadi urusan penyelenggara pemilu.

"Kami berterimakasih pada para ketua  RT yang membantu KPU menyosialisasikan pada warganya untuk mendaftar sebagai calon anggota KPPS, kami juga minta agar proses pendaftaran termasuk  mengumpul berkas dokumen persayaratan diarahakan di sekretariat PPS masing-masing. Biarkan PPS melaksanakan kerjanya sesua prosedur," jelas Arwah.

Mantan Ketua DPM FISIP UHO ini menjelaskan, yang melakukan seleksi untuk menentukan siapa yang lulus dan di TPS mana ditempatkan itu adalah menjadi wewenang PPS, sesuai Pedoman Teknis Perekrutan KPPS.

"Dalam proses pendaftaran KPPS ini kami berharap jangan ada menghalangi warga untuk mendaftar KPPS, kalau itu terjadi maka PPS bisa segera melaporkan ke pihak aparat penegak hukum karena itu bagian dari Pidana," tukasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat