visitaaponce.com

Surat Suara Pilpres di Sampang Tercoblos Prabowo-Gibran, KPU Hoaks

Surat Suara Pilpres di Sampang Tercoblos Prabowo-Gibran, KPU: Hoaks
Ilustrasi(Antara)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) buka suara soal dugaan sudah tercoblosnya surat suara Pilpres 2024 untuk pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebelum proses pungut hitung di TPS 21, Desa Gunung Kesan, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan narasi tersebut adalah hoaks yang dilatarbelakangi kesalahpahaman semata.

"Mereka menduga surat suara sudah dicoblos. Padahal, petugas KPPS itu sedang mendirikan TPS, bukan coblos surat suara. Meski petugas KPPS sudah menjelaskan, tetapi itu tidak dihiraukan," ujar Hasyim melalui keterangan tertulis, Rabu (14/2).

Baca juga : Pemilih Harus Cerdas dan Kritis Sebelum Nyoblos di 14 Februari

Hasyim mengungkapkan para petugas KPPS dicurigai karena membawa perlengkapan pemungutan suara berupa bilik suara sebanyak empat buah. Perlengkapan tersebut memang dititipkan di gudang penyimpanan PPS demi alasan keamanan sebelum hari pemungutan suara.

"Itu baru digeser ke TPS pagi hari, Rabu (14/2), sebelum jam pelaksanaan rapat pemungutan suara dimulai," terangnya.

Baik bilik suara maupun petugas KPPS akhirnya dilepaskan setelah melalui proses mediasi. Adapun setelah dilepas, petugas KPPS langsung melanjutkan pendirian TPS yang sempat tertunda. Selain itu, petugas KPPS setempat juga memastikan keamanan dan keutuhan kotak suara serta bersiap melaksanakan pemungutan suara sesuai jadwal, yakni dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB.

Baca juga :  KSP : 212 Ribu Petugas Pemilu Punya Risiko Kesehatan

"KPU Sampang mengecam tindakan kekerasan verbal tersebut. Tindakannya tidak hanya menghambat tahapan pemilu, papi juga menyisakan trauma psikis bagi korban," tandas Hasyim.

Kejadian di Sampang itu diungkap oleh akun X @brother_djon lewat video berdurasi 48 detik. Takarir unggahan tersebut mengatakan bahwa Madura sudah geger. Sebab, satu desa undangannya tidak disebar ke warga dan semua surat suara sudah tercoblos 02 (Prabowo-Gibran.

"Rumah Ketua KPPS mau dibakar. Duh agen kecurangan sudah sampai desa," tandas cicitan @brother_djon.

Baca juga : Jokowi Ajak Masyarakat Tunggu Hasil Penghitungan Suara KPU

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat