visitaaponce.com

1 Anggota KKB Papua Ditangkap di Kabupaten Puncak Ilaga

1 Anggota KKB Papua Ditangkap di Kabupaten Puncak Ilaga
Ilustrasi, anggota KKB Papua saat membajak pesawat Susi Air, tahun 2023.(Dok. TPNPB/KKB Papua)

SEORANG anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua atas nama Alenus Tabuni alias Kobuter ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz-2024. Dia diringkus di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Minggu, 18 Februari 2024.

"Tim kami dari satgas Ops Damai Cartenz wilayah puncak telah mengamankan satu anggota KKB Papua yaitu, Alenus Tabuni alias Kobuter. Ia diamankan di depan Puskesmas Distrik Ilaga saat bergabung dengan sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas tersebut," kata Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulis, Selasa, 20 Februari 2024.

Faizal mengatakan pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti. Yaitu, satu lembar uang pecahan Rp100.000 dan Rp5.000, satu buah kikir besi, satu buah handphone merek Nokia warna hitam, dan beberapa aksesoris lainnya.

Baca juga : Polisi Terus Kejar Penembak Pesawat Wings Air

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat (Kasatgas Humas) Operasi Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno menerangkan proses penangkapan berawal saat anggota Ops Damai Cartenz wilayah Puncak melaksanakan pemantauan di sekitar ibu kota Distrik Ilaga, tepatnya di area perempatan Koramil. Kemudian, mendapatkan informasi yang mengarah kepada sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas Distrik Ilaga.

"Anggota kami langsung mendatangi sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas tersebut dan mengamankan anggota KKB, Alenus Tabuni alias Kobuter," ujar Bayu.

Bayu menyebut saat ini seorang anggota kelompok separatis itu berada di Polres Puncak untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Bayu mengharapkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan aktivitas mencurigakan.

Baca juga : 6 Anggota KKB Tewas Ditembak dalam 3 Hari

Masyarakat juga diharapkan dapat mendukung aparat keamanan dalam memberikan jaminan keamanan di Kabupaten Puncak. Kemudian, mengharapkan kontribusi masyarakat pada upaya pencegahan kriminalitas demi terciptanya Kabupaten Puncak yang Aman dan Damai.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat