visitaaponce.com

6 Anggota KKB Tewas Ditembak dalam 3 Hari

6 Anggota KKB Tewas Ditembak dalam 3 Hari
Sebanyak enam anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas ditembak Tim Satgas Damai Cartenz dalam kontak senjata, 21-23 Januari.(Freepik)

SEBANYAK enam anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas ditembak Tim Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz dalam kontak senjata, 21-23 Januari 2024.

"Total ada 6 KKB yang berhasil kami lumpuhkan," kata Kasatgas Humas Satgas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno, Jumat (26/1).

Insiden kontak senjata pertama terjadi pada Minggu, 21 Januari 2024. Total ada empat anggota KKB tewas dalam kontak tembak di Intan Jaya, Papua. Keempat anggota KKB yang tewas adalah Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones.

Baca juga: 1 Anggota KKB Papua Kembali Ditembak Mati Satgas Damai Cartenz

Satu anggota KKB yang tewas dalam kontak tembak pada Selasa, 23 Januari 2024. Insiden ini terjadi saat Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz akan mendarat di Intan Jaya pukul 09.30 WIT. Pesawat ditembaki KKB mulai dari mendarat hingga setelah mendarat.

Aparat melakukan serangan balasan terhadap aksi KKB dari Pos Perimeter TNI Yonif 330/TD. Dari pantauan drone diketahui seorang KKB bernama Melkias Maisani tewas dalam serangan tersebut.

Baca juga: Polisi: Pilot Susi Air Sulit Dibebaskan karena Dijaga Ketat Egianus Kogoya

Pada hari yang sama, terjadi lagi kontak senjata dengan personel Satgas Damai Cartenz di Pos Tower Tigamajigi, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pukul 16.27 WIT. Insiden itu menewaskan satu anggota KKB atas nama Harisatu Nambagani. Jenazahnya dibawa kabur oleh KKB lainnya ke arah Kampung Jalai.

Bayu menegaskan peristiwa ini menunjukkan upaya keras pasukan keamanan dalam menanggapi serangan dari kelompok bersenjata yang terus mengancam keamanan di wilayah Intan Jaya. Dia memastikan aparat terus mengintensifkan upaya menangani situasi keamanan di Bumi Cenderawasih.

"Sambil terus memantau perkembangan dan memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat setempat," ujarnya

Meski sering terjadi kontak tembak, dia mengimbau masyarakat tetap tenang. Kemudian, tidak terprovokasi oleh isu-isu menyesatkan yang mungkin datang dari sumber yang tidak jelas. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat