visitaaponce.com

Formappi Dukung Rencana Hak Angket DPR soal Kecurangan Pemilu

Formappi Dukung Rencana Hak Angket DPR soal Kecurangan Pemilu
Gedung DPR/MPR.(MI/M Irfan.)

PENELITI Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menyambut baik rencana calon presiden Ganjar Pranowo yang mengusulkan partai pengusungnya mengajukan hak angket atau interpelasi di DPR RI atas dugaan kecurangan Pemilu 2024.

"Tentu saja rindu juga dengan penggunaan hak angket maupun interpelasi oleh DPR. Ini karena selama hampir 5 tahun mereka bekerja, hak-hak itu hanya dibicarakan atau digunakan sekadar untuk mengancam doang. Belum pernah ada inisiasi penggunaan hak-hak eksklusif DPR itu yang akhirnya berjalan," kata Lucius saat dihubungi, Selasa (20/2).

Kendati demikian, Lucius meminta hak angket yang diajukan harus menyertakan bukti yang kuat terkait ada dugaan kecurangan yang sistematis, terstruktur, dan masif. "Kalau saja ada cukup alasan untuk menyerahkan penyelesaian dugaan kecurangan pemilu, tentu kita mendukungnya," kata dia.

Baca juga : Duet Ganjar-Anies Tidak Logis, PDIP Disarankan Pilih Sandiaga

Ganjar Pranowo mengajak partai-partai pengusungnya dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) untuk menggulirkan hak angket di DPR yang mendalami dugaan kecurangan Pilpres 2024. Dia mengatakan hak angket bertujuan mengungkap dugaan kecurangan pemilu yang melibatkan banyak lembaga negara. DPR dapat memanggil pejabat negara yang mengetahui praktik kecurangan tersebut.

Partai pengusung Ganjar yang berada di DPR ialah PDIP dan PPP. Sementara partai pengusung Anies-Muhaimin yang berada di DPR ialah NasDem, PKB, dan PKS

Menurutnya, dengan keterlibatan Partai NasDem, PKS, PKB, serta PDI Perjuangan dan PPP, hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan pemilu dapat digolkan. Ini karena pendukung hak angket sudah lebih dari 50% anggota DPR. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat