visitaaponce.com

Kode Setop Bansos, Jokowi Diminta tak Memainkan Emosi Rakyat

Kode Setop Bansos, Jokowi Diminta tak Memainkan Emosi Rakyat
Presiden Jokowi memberikan bantuan beras kepada masyarakat(BPMI Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) diminta tidak main-main soal bantuan sosial (bansos). Hal itu merespons pernyataan Jokowi soal peluang bansos tidak akan dilanjutkan.

"Jangan terus-menerus mengaduk-aduk emosi warga ya. Ini orang lagi sulit cari beras," kata co-Captain Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Sudirman Said dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

Sudirman mengatakan substansi bansos adalah menjawab kebutuhan dasar masyarakat. Ucapan Jokowi yang mengarah pada penyetopan bansos di tengah kelangkaan beras tidak elok.

Baca juga : Masa Kampanye, Presiden Jokowi Bagi-bagi Beras di Sleman dan Bantul

"Apalagi kalau dikait-kaitkan karena sudah ada tanda-tanda kemenangan (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka), janji yang disampaikan ditarik kembali," ujar dia.

Sudirman menyebut pemerintah seharusnya fokus menjaga stok beras di pasar. Bahkan, menyusun strategi agar harganya segera terkendali.

"Warga kita lagi kesulitan pangan, jadi berhenti mengganggu emosi warga," tegas dia.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan kemungkinan bansos disetop setelah Juni 2024. Kepala Negara berdalih anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tidak sanggup lagi.

"Kalau APBN cukup, (bansos) dilanjutkan. Tapi saya tidak janji," kata Jokowi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis 22 Februari 2024. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat