visitaaponce.com

KKB Tembak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua

KKB Tembak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua
Ilustrasi. Garis polisi di lokasi penembakan.(Dok. Antara)

KELOMPOK Kriminal Bersenjata (KKB Papua) kembali berulah. Mereka kembali mengganggu aktivitas penerbangan di Papua dengan melakukan penembakan sebanyak lima kali ke arah pesawat yang akan mendarat di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Jumat, 23 Februari 2024.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 09.30 WIT dari arah Bukit Ular. Aparat TNI-Polri langsung melakukan penyisiran, namun kelompok tersebut telah melarikan diri.

"Dari informasi yang kami terima, tidak ada korban jiwa dalam aksi tersebut," kata Nyoman dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Februari 2024.

Baca juga : Polda Papua Sebut Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo Dilakukan KKB

Di samping itu, Nyoman menyebut polisi masih berkoordinasi dengan pihak bandara dan instansi terkait lainnya. Salah satunya, soal kerugian atas insiden tersebut.

"Kami juga belum mengetahui maskapai atau Pesawat jenis apa yang menjadi sasaran tersebut,” ungkap Kapolres.

Nyoman mengatakan aktivitas bandara dihentikan buntut peristiwa itu. Guna mencegah terjadinya kejadian yang lebih buruk. Meski begitu, aktivitas masyarakat di sekitar bandara maupun di Kota Ilaga dipastikan tetap berjalan lancar seperti biasa.

Baca juga : Anggota KKB Penembak Pesawat Wings Air di Yahukimo Ditembak Mati

"Personel TNI-Polri masih bersiaga di sekitar bandara dan titik-titik rawan di sekitar Distrik Ilaga untuk mengantisipasi kemungkinan aksi lanjutan dari kelompok tersebut, serta kami meningkatkan kegiatan Patroli Gabungan TNI-Polri guna menjaga situasi yang aman dan damai di Kabupaten Puncak," pungkasnya.

Sebelumnya, KKB juga menembak dua pesawat pada Jumat, 16 Februari 2024 dan Sabtu, 17 Februari 2024. Kedua pesawat itu iala Wings Air IW-1646 di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo dan Asian One Air dengan seri PK-LTF di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat