visitaaponce.com

KPK Rampasan Hasil Korupsi harus Dijaga untuk Optimalkan Pengembalian Kerugian Negara

KPK: Rampasan Hasil Korupsi harus Dijaga untuk Optimalkan Pengembalian Kerugian Negara
Mobil rampasan KPK(Antara)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menekankan pentingnya upaya menjaga barang hasil rampasan kasus rasuah. itu harus dilakukan demi memaksimalkan pengembalian kerugian negara. Pasalnya, jika tidak dijaga degnan baik dan kemudian rusak, harga barang sitaan itu akan turun ketika dilelang ke publik.

“Kita perlu mempertahankan nilai dari suatu barang bukti khususnya barang bergerak, sehingga pada saat penyitaan sampai dengan eksekusi nilainya tidak banyak berubah,” kata Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi KPK Mungki Hadipratikto melalui keterangan tertulis, Rabu (28/2).

Mungki mengatakan penyitaan barang bukan hanya untuk pembuktian kasus. Aset yang diambil nanti akan dijual dengan metode lelang jika vonis hakim sudah dibacakan.

Baca juga : 15 Aset Koruptor Dilelang KPK, Ada Ponsel Sampai Motor

“Pengelolaan barang bukti tidak hanya untuk pembuktian namun untuk optimalisasi asset recovery,” ucap Mungki.

Hasil penjualan itu nantinya akan diserahkan ke negara. Tujuannya untuk mengembalikan kerugian keuangan negara atas tindakan koprupsi yang sudah terjadi.

KPK menilai pembentukan bangunan untuk menjaga barang rampasan penting. Lembaga Antirasuah diketahui memiliki gedung sendiri untuk menjaga aset yang disita olehnya.

“Kami pun membutuhkan waktu tiga tahun untuk meyakinkan pemerintah supaya bisa membangun. Dengan gedung dan fasilitas yang ada tentu bisa mendukung asset recovery,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat