visitaaponce.com

KPK Barang Sitaan Wajib Dirawat untuk Jaga Nilai Jual

KPK: Barang Sitaan Wajib Dirawat untuk Jaga Nilai Jual
Warga mengambil gambar Motor Harley Davidson sitaan KPK yang dilelang secara daring di Hotel Bidakara, Jakarta.(Antara)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan pentingnya upaya merawat barang sitaan hasil korupsi. Langkah tersebut harus dilakukan untuk menjaga nilai jual saat barang-barang itu dilelang. Jika nilai jual tinggi, pemasukan keapda negara pun semakin besar.

"jangan sampai nilai jual pada saat proses lelang turun drastis yang menyebabkan pengembalian kerugian negara menjadi kurang optimal," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis (22/6).

KPK sejatinya memiliki Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasan (Rupbasan) untuk merawat aset pelaku korupsi. Petugas di sana memastikan barang tetap dijaga dengan dikelola sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca juga: Ini Daftar Jenis Aset Koruptor yang Bisa Dirampas Berdasarkan RUU Perampasan Aset

"Dalam operasionalnya, pemeriksaan aset di Rupbasan dilakukan dari Senin sampai Kamis," ujar Ali.

Pemanfaatan gedung itu juga berhasil memangkas biaya sewa dan perawatan yang mahal dari pihak ketiga. Menurut Ali, Rupbasan berhasil membuat harga jual barang yang dilelang menjadi tinggi.

Baca juga: Harley Davidson Rafael Alun Disita KPK

"Pengelolaan aset sitaan berlanjut ke penuntutan hingga eksekusi yang memakan waktu cukup panjang, sehingga menyebabkan barang kurang terawat dengan baik," ucap Ali.

KPK memastikan penelusuran aset bakal dilakukan di setiap penanganan kasus. Barang terkait tindak pidana korupsi bakal disita untuk memastikan kerugian negara bisa dikembalikan.

"Hal ini sejalan dengan salah satu program prioritas KPK dalam pengembalian aset atau asset recovery sesuai dengan amanat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024," tutur Ali. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat