visitaaponce.com

KPK Minta Akademisi Awasi dan Kritisi Sidang Kasus Korupsi

KPK Minta Akademisi Awasi dan Kritisi Sidang Kasus Korupsi
Ilustrasi - Wakil Ketua KPK Johanis Tanak meminta akademisi dan masyarakat mengawasi persidangan kasus korupsi dan mengkritisinya. (MI/Susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat dan akademisi memantau dan mengkritisi jalannya persidangan kasus korupsi sampai ke tahapan putusan.

“KPK selalu berusaha memikirkan perkara-perkara khususnya tipikor, bisa diawasi bersama, disaksikan langsung masyarakat umum melalui pelibatan akademisi, agar dikritisi,” kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak melalui keterangan tertulis, Kamis (29/2).

Johanis mengatakan pemantauan sidang penting untuk menjaga transparansi penanganan perkara. KPK bahkan ingin jalannya proses peradilan di pengadilan direkam untuk disebarkan ke masyarakat.

Baca juga : Pemilik Perusahaan Pajak Rafael Alun Terungkap, Ada Istri Kepala KPP Pratama Kemayoran

Hasil rekaman itu dinilai bisa menjadi bahan debat para akademisi. Kritik dinilai penting untuk menciptakan putusan yang berkeadilan atas tindak pidana korupsi yang terjadi.

“Sebagiannya melalui tersebar luaskannya hasil-hasil rekaman sidang. Sehingga keputusan berkeadilan bisa dicapai, dimana prosesnya sudah boleh diketahui secara terbuka,” ujar Johanis.

Merekam jalannya persidangan juga dinilai penting untuk menjaga akuntabilitas. KPK mengaku sudah lama bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan pemantauan berupa perekaman tersebut.

“Dalam prosesnya, KPK juga bekerjasama dengan akademisi dan mitra. Mahasiswa misalnya, mereka bisa mewakili masyarakat umum untuk melakukan pengawasan, lalu juga mereka mendapatkan pembelajaran dari setiap proses perekaman sidang, tentang dunia hukum kita,” tutur Johanis. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat