visitaaponce.com

Suara PSI Melonjak jadi 3,13 Persen, Siap Masuk Parlemen

Suara PSI Melonjak jadi 3,13 Persen, Siap Masuk Parlemen?
Suara PSI melonjak jadi 3,13%(MI/Palce)

PSI mengalami peningkatan suara menjadi 3,13% dalam hasil perhitungan Sirekap KPU setelah memperoleh 2.402.268 suara pada Pileg 2024. Data ini diumumkan pada Sabtu (2/3), pukul 15.00 WIB.

Dengan persentase tersebut, PSI kini bersaing ketat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang mencatatkan 3,97% dengan 3.042.928 suara.

Penghitungan suara saat ini mencapai 541.324 dari total 823.236 tempat pemungutan suara, dan persentase dukungan untuk PSI terus meningkat. Peluang PSI untuk masuk ke parlemen dapat terwujud jika tren peningkatan suara mereka berlanjut. Saat ini, ambang batas suara untuk mendapatkan fraksi di DPR adalah 4%.

Sebelumnya, PSI mengusulkan konsep penyelamatan suara rakyat dengan menggabungkan beberapa partai kecil menjadi satu fraksi. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menjelaskan ide fraksi threshold yang memungkinkan partai dengan suara tertentu untuk digabungkan menjadi satu kesatuan.

"Konsepnya adalah agar suara rakyat tidak terbuang. Partai-partai yang tidak mencapai persentase tertentu dapat dihimpun menjadi satu fraksi," ujar Grace pada Jumat (1/3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat