visitaaponce.com

Prajurit Siksa Anggota KKB, TNI Minta Maaf ke Masyarakat Papua

Prajurit Siksa Anggota KKB, TNI Minta Maaf ke Masyarakat Papua
Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.(Dok. Antara/ Dijati)

TNI meminta maaf kepada masyarakat Papua ihwal adanya kasus penyiksaan dilakukan oleh sejumlah prajurit TNI terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB Papua).

“Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat Papua dan kami akan terus bekerja agar kejadian-kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa-masa mendatang,” terang Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan di Subden Denma Mabes TNI, Jakarta, Senin (25/3).

“Kami akan meningkatkan terus lakukan pengawasan-pengawasan kepada satgas-satgas yang melaksanakan tugas di daerah Papua,” tambahnya.

Baca juga : TNI Selidiki Prajurit yang Diduga Siksa Warga Sipil di Papua

Intinya, Izak menyebut bahwa pemeriksaan sudah dilakukan dan pihaknya membenarkan kejadian penyiksaan dalam video viral tersebut.

Sementara itu, Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi, menjelaskan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh prajurit TNI dari Yonif 300/Raider tengah dilakukan investigasi lanjutan.

“Bapak KSAD sudah memerintahkan dalam hal ini POM TNI AD dibantu oleh Pomdam III/Siliwangi untuk melakukan investigasi tentang keterkaitan oknum-oknum prajurit TNI yang terlibat secara langsung dalam tindakan kekerasan ini,” tegas Kristomei.

Baca juga : 5 Anggota KKB Tewas Ditembak di Intan Jaya

“Saat ini masih terus bekerja dan sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 42 orang prajurit TNI. Dan dari 42 prajurit tadi sudah ditemukan indikasi 13 prajurit yang benar-benar melakukan tindakan kekerasan,” terangnya.

Kristomei menuturkan Pangdam Cenderawasih sudah mengeluarkan surat perintah penahanan sementara dan nanti prajurit TNI tersebut akan ditahan di fasilitas tahanan militer maksimum security yang ada di Pomdam III/Siliwangi.

“Kemudian ke-13 orang ini nanti akan ditetapkan sebagai tersangka,” tuturnya.

Kristomei membeberkan anggota KKB Papua yang dianiaya ialah Definus Kogoya. Salah satu dari dua anggota KKB lainnya yang ditangkap pasca patroli aparat keamanan TNI-Polri. Kedua anggota KKB lainnya, yakni Warinus Kogoya dan Alianus Murid.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat