visitaaponce.com

Jokowi Tunjuk Mohamad Tonny Harjono Gantikan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo

Jokowi Tunjuk Mohamad Tonny Harjono Gantikan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangkat Marsekal Madya TBI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU.(Media Sosial X)

PERGANTIAN Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) akan segera dilakukan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangkat Marsekal Madya TBI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana mengatakan keputusan itu telah dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) No.20/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani presiden 25 Maret 2024.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KASAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KASAU yang baru," ujar Ari melalui keterangan tertulis, Selasa (2/4).

Baca juga : Kepala Staf Angkatan Udara Indonesia Terima Tanda Kehormatan Australia

Ari menegaskan Keppres itu berlaku saat KASAU baru nantinya dilantik. Pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat di Istana Negara, Jakarta.

"Keppres ini mulai berlaku sejak saat pelantikan yg rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini," terang Ari.

KASAU Marsekal Fadjar Prasetyo akan memasuki masa pensiun Selasa, 9 April 2024. Ia dilantik Rabu, (20/5/2020) oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna, bersamaan dengan pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Adapun pengganti KSAU yakni Mohamad Tonny Harjono, merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara TNI tahun 1993. Perwira kelahiran 4 Oktober 1971 itu telah menempati sejumlah jabatan strategis antara lain ajudan Presiden RI Joko Widodo pada 2014–2016. 

Kemudian, menjabat sebagai Danlanud Adi Soemarmo pada 2016–2018, Danlanud Halim Perdanakusuma pada 2018–2020, Staf Khusus KSAU pada 2020, Sekretaris Militer Presiden pada 2020–2022, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) pada 2022, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) pada 2022–2023, dan hingga saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat