visitaaponce.com

Nawawi Pomolango Bantah Isu Peleburan KPK dengan Ombudsman

Nawawi Pomolango Bantah Isu Peleburan KPK dengan Ombudsman
Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango(MI/R. Muhammad Zen)

KETUA sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango membantah kabar instansinya akan dileburkan dengan Ombudsman. Isu yang beredar itu disebut bohong dan tidak pernah dibahas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pepesan kosong, enggak ada tuh. Saya pastikan bohong, saya belum pernah ketemu Presiden untuk urusan seperti itu,” kata Nawawi melalui keterangan tertulis, Jumat (5/4).

Nawawi mengaku tidak tahu asal mula isu tersebut beredar. Namun, dia menilai ada pihak yang ingin membuat KPK terlihat semakin buruk.

Baca juga : ICW Tolak Isu Peleburan KPK-Ombudsman

“Sepertinya ada pihak yang sengaja menghembuskan isu-isu di tengah situasi yang banyak kritikan terhadap lembaga ini,” ucap Nawawi.

Nawawi enggan menanggapi isu tersebut lebih jauh. Dia memastikan KPK bakal terus berdiri dan memberantas korupsi di Indonesia.

“(Kami) memastikan bahwa hal-hal yang dihembuskan itu adalah tidak benar,” ujar Nawawi.

Baca juga : KPK Dinilai Melambat Tangani Perkara, Nawawi Salahkan Bawahan

Sebelumnya, beredar isu yang menyebut KPK bakal digabung dengan Ombudsman. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut kemungkinan itu ada.

“Sejauh ini pimpinan enggak dapat informasi itu, tetapi apakah ada kemungkinan? Ada,” kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (2/4).

Alex mencontohkan Korea Selatan (Korsel) yang menggabungkan otoritas pemberantasan korupsi dengan Ombudsman karena dianggap terlalu kuat. Manuver penggabungan dinilai juga bisa terjadi di Indonesia. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat