visitaaponce.com

Asosiasi Pengacara Indonesia di AS Serahkan Amicus Curiae, Minta MK Kabulkan Gugatan 01 dan 03

Asosiasi Pengacara Indonesia di AS Serahkan Amicus Curiae, Minta MK Kabulkan Gugatan 01 dan 03
Suasana persidangan PHPU Pilpres 2024 di MK(MI/Susanto)

INDONESIAN American Lawyers Association (IALA) atau asosiasi pengacara Indonesia di Amerika Serikat menyerahkan amicus curiae ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (17/4). Lewat surat itu, IALA meminta MK mengabulkan gugatan yang dilayangkan pasangan calon (paslon 01) Anies-Muhaimin dan 03 Ganjar-Mahfud dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024.

"Ya pastinya, karena posisi kita dalam sikap yang mendukung. Amicus ini merupakan salah satu bentuk yang mendukung pihak pemohon dari PHPU nomor 1 dan PHPU nomor 3," ujar perwakilan IALA Bhirawa Jayasidayatra, Rabu (17/4).

Dijelaskannya amicus curiae itu sudah melalui berbagai proses diskusi dan kajian panjang. Para pakar di bidang hukum sudah mempersiapkannya sejak akhir tahun lalu.

Baca juga : Rekonsiliasi Jangan cuma Bagi Jabatan

Menurutnya, amicus curiae tidak bersifat instan atau dibuat secara mendadak. Akan tetapi pihaknya sudah melakukan kajian panjang untuk menentukan sikapnya.

"IALA telah menyelenggarakan berbagai macam diskusi ilmiah akademik secara online webinar dan juga secara offline dengan mengumpulkan berbagai macam narasumber yang kompeten dan ahli di bidangnya," kata Bhirawa.

Kajian yang dilakukan sebelum pemilu itu, katanya, karena IALA sudah melihat fenomena dugaan-dugaan kecurangan pemilu yang sudah terlihat sejak Oktober 2023. Namun pihaknya harus memverifikasi dan memeriksa apakah laporan-laporan tersebut valid dan apakah sudah sesuai dengan fakta di lapangan.

"Setelah kita kumpulkan sejak bulan Oktober, November, Desember, dan pada akhirnya bulan Januari, kita sudah melakukan suatu kajian yang mendalam berdasarkan landasan akademis dan fakta-fakta yang berlaku," tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat