visitaaponce.com

Bamsoet Minta Rektor Universitas Jayabaya Bantu Perbaiki Sistem Politik

Bamsoet Minta Rektor Universitas Jayabaya Bantu Perbaiki Sistem Politik
Prof Fauzie Yusuf Hasibuan (kedua dari kanan) dilantik sebagai Rektor Universitas Jayabaya Periode 2024-2028.(Ist)

KETUA MPR Bambang Soesatyo meminta Prof Fauzie Yusuf Hasibuan selaku Rektor Universitas Jayabaya (UJ) dan jajarannya untuk menyiapkan dan melahirkan sumber daya manusia (SDM), yang bukan hanya memenuhi pasar tenaga kerja, tetapi juga mampu memperbaiki sistem politik di Tanah Air.

“Berharap kepada semua civitas Universitas Jayabaya yang dipimpin rektor nanti terus memberikan masukan, kajian betapa pentingnya selain memenuhi kebutuhan industri, menurut saya yang terpenting memenuhi politik bangsa kita,” kata Bamsoet, sapaan karib Bambang Soesatyo, di acara pelantikan Fauzie Yusuf sebagai Rektor UJ periode 2024-2028 di Jakarta, Senin (6/5).

Politikus Golkar yang juga lulusan terbaik Universitas Jayabaya ini menjelaskan bahwa persoalan bangsa harus diselesaikan dari hulu, yakni dari partai politik yang menjadi akar permasalahan. “Hitam putih bangsa ini ke depan sangat tergantung pada sumber daya manusia yang menjadi elite parpol ke depan,” kata dia.

Baca juga : Kurikulum Merdeka Belajar akan Wadahi Pemanfaatan AI

Sementara itu, Fauzie Yusuf bertekad membawa UJ lebih baik lagi di berbagai bidang. “Yang mendesak tentu berkaitan dengan institusi secara internal. Kita berharap dengan komunikasi rektor baru dengan para unit-unit kerja, menghimpun suatu kekuatan untuk mencari peluang yang terbaik,” ujarnya.

Salah satu yang akan dilakukan pembenahan ialah kurikulum pendidikan. Pihaknya pun akan meminta masukan dari unit-unit terkait untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan. “Kurikulum ini akan dikaitkan dengan berbagai macam masukan-masukan sebagaimana protap pembuatan kurikulum.”

Kurikulum ini untuk mencetak mahasiswa-mahawasiswa andal dan memiliki kompetensi mumpuni di bidangnya masing-masing sehingga bisa memenuhi kualifikasi keahlian yang diminta oleh industri atau dunia kerja. Fauzie ingin meningkatkan keahlian mahasiswa di bidangnya masing-masing karena tantangan dan persaingan sekarang kian berat, termasuk hadirnya teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Ketua Umum Yayasan Jayabaya, Moestar Putra Jaya Moeslim mengungkapkan rektor baru ini merupakan hasil seleksi yang ketat yang melibatkan semua stakeholder UJ. “Kami yakin keahlian, dedikasi, dan waktu beliau (Fauzie) akan membawa universitas kita ke puncak prestasi yang lebih baik lagi ke depannya sesuai dengan harapan kita bersama,” tandasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat